Mohon tunggu...
Campus News
Campus News Mohon Tunggu... Dosen - Pusat Informasi Kampus

Menyajikan berita seputar kegiatan perguruan tinggi di Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Prodi Pendidikan Ekonomi UM Metro Asah Kemampuan Debat Mahasiswa dengan Lomba

18 Juli 2022   07:57 Diperbarui: 18 Juli 2022   08:19 225
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok Pendidikan Ekonomi UM Metro

Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UM Metro menyelenggarakan Lomba Debat Isu-isu Pendidikan dan Ekonomi dengan tema "Aspirasi untuk Kemajuan Pendidikan dan Kedaulatan Ekonomi" yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Juli 2022 di Aula Gedung HI Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Metro.

Lomba Debat Isu-isu Pendidikan dan Ekonomi ini diikuti oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UM Metro angkatan tahun 2019, 2020 dan 2021. Dengan jumlah peserta 24 mahasiswa dibagi menjadi 8 tim. Selain diselenggarakan secara luring terbatas di Aula Gedung HI Kampus 1 UM Metro, Lomba Debat Isu-isu Pendidikan dan Ekonomi ini juga disiarkan secara Live Streaming di Channel YouTube Pendidikan Ekonomi UM Metro.

Menurut Ibu Triani Ratnawuri, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua Prodi Pendidikan Ekonomi, "Lomba debat merupakan wadah untuk meningkatkan dan mengasah kemampuan diri mahasiswa, kemudian menuntut wawasan yang luas, kemampuan berbahasa yang baik, dan kemampuan berargumentasi. Kemampuan bahasa yang baik akan meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat internasional, sedangkan kemahiran dalam berargumentasi akan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk membuat keputusan berdasarkan analisis yang logis dan faktual."

"Lomba debat ini juga untuk menunjukkan  kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis dan berkomunikasi, meningkatkan kepercayaan diri dan akhirnya tentu peningkatan kualitas lulusan Prodi Pendidikan Ekonomi," ungkap Triani.


Fajri Arif Wibawa, S.Pd,., M.Pd. selaku pembina Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (HIMADIKMI) menyampaikan pada prakata sebelum Lomba Debat ini dimulai, "Lomba debat ini merupakan salah satu stimulus untuk mahasiswa prodi pendidikan ekonomi untuk mencapai profil lulusan, di mana prodi pendidikan ekonomi memiliki 3 profil lulusan yaitu 1) sebagai calon pendidik/guru ekonomi, kewirausahaan ataupun IPS 2) sebagai calon wirausaha muda dan 3) sebagai praktisi-praktisi pendidikan ekonomi."

"Harapannya dengan adanya lomba debat ini mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan diri mahasiswa, kemudian meningkatkan wawasan yang luas, kemampuan berbahasa yang baik, dan kemampuan berargumentasi, bekerja sama tim, yang tentu saja dalam penyampaian yang baik. Terima kasih untuk para sponsor yang telah mendukung acara ini Bank Eka, Rumah Makan Mulya, Primamedia Percetakan Banner dan Toko Mulya Taqwa," ujar Fajri.

Yang menjadi juara dalam lomba debat isu-isu pendidikan dan ekonomi ini yaitu Juara 1 adalah tim 3 beranggotakan Abdillah, Ajeng, Novita Sari, Juara 2 adalah tim 5 beranggotakan Ayu, Ajib, Nuraida, Juara 3 adalah tim 7 beranggotakan Sayu, Tirta, Monica dan Juara Harapan adalah tim 8 beranggotakan Juan, Eka, Anggun. Para juara mendapatkan piagam penghargaan, piala, dan uang tunai.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun