Mohon tunggu...
Ummu Yusron
Ummu Yusron Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di kota Sukoharjo Jawa Tengah, menikah tahun 2003, mendapat amanah 2 anak, perempuan dan laki-laki.

Hidup mulia dengan Islam

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Bekam

13 Oktober 2022   13:33 Diperbarui: 13 Oktober 2022   13:36 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Bekam

Bekam adalah pengobatan alternatif yang berasal dari langit.

Kenapa dikatakan pengobatan yang berasal dari langit?

Ya,, karena bekam di anjurkan oleh para malaikat kepada Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalam ketika perjalanan isra' mi'raj.

Para malaikat berpesan kepada Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalam agar berbekam dan menganjurkan kepada umatnya untuk berbekam pula.

Dalam sebuah hadist Rasulullah yang artinya "pada malam aku di Isra'kan, aku tidak melewati sekumpulan malaikat melainkan mereka berkata
 "wahai Muhammad suruhlah ummatmu melakukan bekam". (HR. Sunan Abu Daud, Ibnu Majah, Shahih Jami'us Shagir 2/731).

 Hadist lain juga mengatakan hal yang serupa yaitu yang artinya " dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalam bersabda: "tidaklah aku berjalan melewati segolongan malaikat pada malam aku di Isra'kan, melainkan mereka semua mengatakan kepadaku: wahai Muhammad, engkau harus berbekam. (Shahih Sunan Ibnu Majah, Syeh Al-albani 11/259).

hadist selanjutnya yang artinya " dari Ibnu Umar Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalam bersabda: "tidaklah aku melewati satu dari langit-langit yang ada melainkan para malaikat mengatakan: hai Muhammad perintahkan ummatmu untuk berbekam,karena sebaik-baik sarana yang kalian pergunakan untuk berobat adalah bekam, al-kist dan syuniz semacam tumbuh-tumbuhan."(kitab Kasyful Astaar'an Zawaa-idil bazar, karya al-Haitsami, III/388).

Bekam adalah pengobatan yang prosesnya mengeluarkan darah kotor dan sudah tidak berfungsi di dalam tubuh, di keluarkan dengan cara di kop dengan gelas-gelas bekam.

Manfaatnya adalah untuk mengeluarkan racun juga toksin yang ada di dalam tubuh.

Bekam beda dengan transfusi darah, karena bekam hanya mengeluarkan darah kotor dan tidak berfungsi lagi di dalam tubuh, dan kalau transfusi darah mengeluarkan darah segar dalam tubuh yang masih bisa berfungsi untuk tubuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun