Mohon tunggu...
Umi Sakdiyah Sodwijo
Umi Sakdiyah Sodwijo Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Pengelana kata yang riang gembira

Pengelana kata yang riang gembira

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

UC We Media Indonesia Tutup, Begini Cara Klaim Dolar Kontributor

1 Oktober 2020   01:34 Diperbarui: 1 Oktober 2020   01:38 3094 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
UC We Media Indonesia Tutup, Begini Cara Klaim Dolar Kontributor
Sumber: UC We Media

Efek domino dari pancemi corona yang menyerang dunia, salah satu anak perusahaan milik Jack Ma menutup operasionalnya di Indonesia. Ribuan kontributor UC We Media Indonesia terkena imbas berhentinya operasional anak perusahaan Alibaba Group ini. Secara teknis, sebenarnya UC telah menghentikan operasionalnya sejak pertengahan April, imbas dari aturan WFH (work from home) dan PSBB. Sejak saat itu kontributor tak bisa menulis di kanal berbasis UGC (user-generated content) ini. 

Sekalipun tidak beoperasi, kontributor dan pembaca masih bisa mengakses layanan UC News dari UC We Media Indonesia. Akan tetapi, sejak tanggal 10 September 2020, UC We Media resmi menutup seluruh akses terhadap platform ini. Sebelumnya, seluruh kontributor mendapatkan email pemberitahuan agar menarik pembayaran dan mengamankan naskah yang pernah dimuat di akun masing-masing.

"Kami akan membenahi layanan kami kepada para pengguna di Indonesia. Oleh sebab itu, akses ke We-Media akan diberhentikan mulai tanggal 10 September 2020," ujar tim UC We-Media dalam sebuah email yang dibagikan kepada kontributor. UC juga menjamin pembayaran terhadap seluruh dana yang dimiliki kontributor berapapun jumlahnya, sekalipun di bawah 50USD (karena aturan penarikan dana sebelumnya, minimal 50USD).

Jika setelah tanggal 10 September Kontributor masih mengalami hambatan penarikan dana, maka dianjurkan untuk menghubungi menghubungi customer service UC melalui help@idc.ucweb.com. Bagi teman-teman yang pernah menjadi kontributor UC We Media dan ingin menarik dananya silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Kirimkan email ke: help@idc.ucweb.com dengan subjek 'UC We Media Indonesia' dengan melengkapi form sebagai berikut:

  • nama pengguna : (isi dengan nama akun)
  • alamat email :
  • tanggal terdaftar : (bisa dilihat di email aproval saat mendaftar sebagai kontributor UC)
  • nomor ID Card : (nomor identitas KTP/SIM/Paspor yang dulu digunakan untuk mendaftar)
  • nama asli : (nama sesuai KTP)
  • nomor kontak: 
  • nama akun pembayar/payoneer: (gunakan akun payoneer aktif, jika tak punya akun bisa gunakan akun teman sesama kontributor terutama yang jumlahnya <50USD wajib patungan payoneer)

Setelah diisi semua, kirimkan email dengan disertai lampiran foto ID Card. Tunggulah jawaban dari email customer service UC. Sering-seringlah mengecek email, karena biasanya tidak sekali kirim email langsung sukses. Bunyi email jawaban seperti berikut ini, tandanya semua persyaratan telah sukses.

"Kami telah mencatat informasi Anda dan tim kami akan segera memprosesnya. Anda akan menerima dana dalam waktu 3 bulan setelah memberikan informasi data diri. Terima kasih atas pengertian Anda dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan." 

Narasumber penulis mengirim email sekitar tanggal 10 September, per tanggal 26/09/2020, dolar mendarat di akun payoneer dan bisa langsung dilakukan penarikan ke rekening bank. Setelah melalui proses penarikan tiga hari, dana telah masuk ke rekening bank dalam bentuk mata uang Rupiah. 

Selamat mencoba, bantu rekan-rekan kontributor UC dengan menyebarkan artikel ini. Dengan begitu, kita bisa membantu mereka mendapatkan sedikit tambahan dana untuk bertahan hidup di musim pandemi. Jika ada yang perlu ditanyakan, silakan ajukan di kolom komentar terima kasih.

Salam 4M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, dan Makan makanan bergizi),

(uss)

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN