Media

Apa Itu Enterprise?

27 Mei 2016   01:15 Diperbarui: 27 Mei 2016   01:50 750 0 0

Enterprise adalah sekelompok orang yang memiliki tujuan secara umum sama. Mereka memiliki sumber daya untuk mencapai tujuan. Enterprise berperan sebagai satu entitas. Pandagan tentang organisasi atau perusahaan ini sangat berbeda dengan pandangan tradisional yang berpendapat bahwa organisasi dibagi menjadi beberapa bagian berdasarkan fungsi yang mereka lakukan, sehingga suatu organisasi memiliki bagian marketing,  produksi, keuangan, dan SDM yang satu sama lain terisolasi.

Sebagai contoh bagian pemasaran dan penjualan mengiginkan variasi produk yang banyak sehingga memberi kepuasan kepada konsumen untuk memilih, sedangkan bagian produksi menginginkan dikuranginya variasi produk untuk mengurangi biaya produksi. Ketidaktahuan tujuan masing-masing bagian menyebabkan terjadinya konflik antar bagian.

Akan tetapi dalam konsep enterprise, organisasi secara keseluruhan dianggap sebagai satu sistem dan semua bagian dianggap sebagai subsitem. Semua informasi yang berkaitan dengan organiasi disimpan secara terpusat (sentralisasi) dan tersedia bagi semua bagian.