Mohon tunggu...
pmmumm89.beji
pmmumm89.beji Mohon Tunggu... PMM 89

PMM kelompok 89 Gel 6

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Manfaatkan Serai, PMM UMM Kelompok 89 Ciptakan Hand Sanitizer Alami

25 Juni 2021   15:17 Diperbarui: 25 Juni 2021   15:26 19 2 0 Mohon Tunggu...

Menggunakanan Handsanitizer merupakan salah satu tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus . Sebab, handsanitizer terbukti secara klinis mampu mengurangi bakteri, kuman, dan virus yang menempel pada tangan manusia.

Namun, kebutuhan akan benda satu ini tampakm semakin meningkat di tengah pandemic virus corona  COVID-19. Maka dari itu Mahasiswa Muhammadiyah Malang yang sedang melaksanakan PMM (pengabdian masyarakat oleh mahasiswa) desa Beji, kecamatan Junrejo, Batu, Jawa timur memanfaatkan  serai sebagai bahan baku membuat handsanitizer alami.

PMM kelompok 89 gelombang 6 yang terdiri dari 5 mahasiswa yang diketuai oleh Abdul Hasan Albana, M.Ilham  Dwi Yulianto, Hafiz Maulana, Umi Citra Dewi, dan Ana Muslimah Faqih. Yang di bimbing oleh dosen pembimbing Abdurrohman Muzakki M,Pd.

Ketua kelompok 89 Abdul Hasan Albana A O mengatakan, bahwa hanya dengan memanfaatkan bahan yang mudah didapatkan dapat membantu masyarakat membuat handsanitizer sendiri dari rumah dan ramah lingkungan. Serai sendiri mempunyai fungsi sebagai antiseptic alami yang dipercayai bisa menangkal kuman dan bakteri serta aman digunakan sehari-hari.

dokpri
dokpri
Pembuatan handsanitizer alami ini dimulai dengan mecuci serai terlebih dahulu  kemudian serai dibagi menjadi beberapa bagian, serai ditumbuk hingga pipih dan direbus, lalu tiriskan air rebusan serai untuk di masukkan ke dalam botol dan dijadikan handsantizer.

Tambah hasan, keunggulan handsanitizer alami dari serai ini tidak terasa lengket dan tidak  membuat iritasi serta menimbulkan bau aromatic. Handsanitizer ini bertahan selama 14 hari untuk digunakan

VIDEO PILIHAN