Mohon tunggu...
Umi Fitria
Umi Fitria Mohon Tunggu... Lainnya - Ordinary Me

Seorang Ibu, wanita, teman, partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. visit my blog on https://www.simpelmommy.com

Selanjutnya

Tutup

Beauty Artikel Utama

Menemukan Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Berminyak

4 Oktober 2022   11:37 Diperbarui: 4 Oktober 2022   15:21 299 10 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi memakai sunscreen by Freepik.com/tonodiaz

Sunscreen adala salah satu produk skincare yang pengaplikasiannya paling akhir dalam rangkaian rutinitas perawatan kulit harian dan sayangnya juga yang paling sering terabaikan. 

Padahal, andaikan semua orang tahu dan paham betul seberapa penting pemakaian sunscreen, makan pasti tidak akan ada yang menyepelekannya lagi dan rajin memakainya. 

Pertanyaannya, mengapa banyak orang yang masih abai dengan pemakaian sunscreen? 

Selain kurangnya informasi dan knowledge tentang manfaat susncreen, ada juga orang yang sudah tahu dan paham betapa pentingnya sunscreen namun masih juga enggan rutin memakainya karena alasan-alasan seperti belum menemukan produk yang cocok, menimbulkan whitecast setelah pemakaian, membuat kulit makin menjadi kilang minyak dan juga membuat make up yang sudah di apply menjadi tidak tahan lama dan masih banyak alasan-alasan lainnya.

Seharusnya alasan-alasan di atas tidak lantas menjadikan kita malas menggunakan sunscreen loh, bukan kah tidak ada masalah yang tidak bisa dicari jalan keluarnya? 

Begitu juga dengan deretan list keluhan kita mengenai produk sunscreen, pasti juga bisa dicari jalan keluarnya. Salah satu alasan terbesar yang membuat orang malas menggunakan sunscreen adalah pengalaman after taste pemakaian produk yang kurang memuaskan dan sebagian besar yang dirasakan oleh banyak orang dan juga saya sendiri saat itu adalah tampilan wajah menjadi putih atau abu-abu dan juga membuat kulit wajah menjadi lengket dan makin berminyak.

Terutama bagi para pemilik kulit berminyak sehingga sebelum memutuskan untuk membeli produk suncsreen alangkah baiknya bila kita juga research terlebih dahulu jenis suncreen yang bagaimana yang kiranya cocok untuk diaplikasikan pada kulit berminyak. 

Jenis sunscreen dan cara kerjanya

Secara garis besar, sunscreen dikategorikan ke dalam dua jenis, yakni chemical sunscreen dan physical sunscreen

Chemical sunscreen adalah sunscreen yang cara kerjanya adalah menyerap partikel sinar matahari yang masuk ke dalam kulit dan memecah atau mengurainya menjadi partikel atau zat yang tidak berbahaya.

Sedangkan physical sunscreen adalah sunscreen yang cara kerjanya dengan membuat lapisan atau blocking di atas permukaan kulit sehingga partikel sinar matahari tidak sampai masuk ke dalam kulit wajah kita. 

Produk sunscreen ini biasanya bukan dinamakan sunscreen melainkan sunblock karena sifat dan cara kerjanya yang memblokir di awal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan