Mohon tunggu...
umi mutoharoh
umi mutoharoh Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

be happy and always remember Allah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Youtube sebagai Platform Pembelajaran Selama Pandemi

29 Januari 2022   00:01 Diperbarui: 29 Januari 2022   00:16 29 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

YOUTUBE SEBAGAI PLATFROM PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI

Pandemi covid-19 membuat semua orang melakukan isolalsi mandiri dan melakukan  pekerjaan, belajar, serta kegiatan lainnya secara daring. Kemendikbud mengharuskan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring sehingga penggunaan platfrom media sosial semakin meningkat drastis. Dalam hal ini perguruan tinggi negeri maupun swasta menerapkan system pembelajaran secara daring dengan dosen yang memanfaatkan media sosial sebagai pembelajaran berbasis literasi digital. Youtube sebagai salah satu platfrom yang dimaanfaatkan sebagai media pembelajaran, selain itu bisa menambah penghasilan tambahan. 

Di youtube kita bisa mengulas kembali materi yang diberikan oleh dosen. Apabila ada materi yang kurang dipahami saat pembelajaran berlangsung kita bisa mengulang kembali materi dengan menonton video rekaman yang sudah tersimpan di perangkat. 

Youtube banyak diminati masyarakat terutama mahasiswa dan pelajar. Mengapa ? karena sebagian orang menikmati tayangan di youtube sebagai hiburan dan belajar berbagai macam hal  di saat pemerintah menghimbau masyarakat untuk isolasi mandiri dirumah. Apalagi berkembangnya teknologi yang semakin pesat membuat orang dewasa maupun anak-anak memiliki  gadget masing- masing sehingga akses internetnya semakin luas. Berdasarkan survei yang dilakukan Indonesia digital report, we are sosial (2020) terdapat bahwa 88% pengguna internet di Indonesia mengakses video di youtube.

Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta merupakan salah satu perguruaan tinggi (swasta) yang menerapakan system pembelajaran melalui platfrom media sosial yaitu yuotube, saat ini banyak sekali dosen yang menggunakan platfrom tersebut. Selain efektif dan hal ini juga memudahkan mahasiswa mengluas kembali materi yang disampaikan tanpa ada kendala dimanapun dan kapanpun tanpa keterbatsan waktu. 

Selaku mahasiswa yang terdampak pembalajaran daring, pemanfaatan youtube ini mengutungkan karena kita bisa mengakses youtube secara offlen apabila video tersebut sudah terdownload di handphone tanpa terkendala jaringan. 

Karena pembelajaran secara daring sering kali terjadi pada mahasiswa yang mengalami kendala sinyal dan jaringan, sehingga hal itu dapat menghambat proses pembelajaran dan juga pemahaman materi yang disampaikan oleh dosen pengajar. Selain mudah untuk diakses pembelajaran juga tidak begitu membosankan. Mahasiswa yang bekerja sambil kuliah ataupun tinggal jauh dari kampus juga mendapatkan keuntungan sehingga mereka tidak tertinggal mata kuliah. Pembelajaran menggunakan video sangat berguna dalam membangun suasana kelas daring dan juga lebih signifikan dalam meningkatkan partisipasi mahasiswa jika dibandingkan dengan pemanfaatan media sosial lain yang pembelajarannya berbasis teks. dengan itu mahasiswa dapat meingkatkan kemampuannya supaya lebih bisa berpikir kritis dan realistis.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan