Umar Rahadi
Umar Rahadi swasta

nonpartisan = freelancer | rakyat biasa yang [masih] menikmati jalan-jalan ke pasar loak | jabatan publik tertinggi ketua RT | meminati dunia otomotif | menyukai sharing yang mencerahkan, mencerdaskan, inspiring | gemar catur meski jarang menang | bergabung 24 September 2013 --verifikatif-- tapi akunnya eror (!?) ...

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Menerawang Prospek Pasar Sepeda Motor di Tengah Kontraksi

18 Maret 2018   06:04 Diperbarui: 27 Maret 2018   21:08 6610 12 8
Menerawang Prospek Pasar Sepeda Motor di Tengah Kontraksi
Foto: otomotif.kompas.com

Berjualan sepeda motor makin sulit saja bagi dealer, showroom, salesman, perusahaan jasa financing (leasing), asuransi, dan pabrikan tentunya. Produsen terpaksa memangkas drastis tingkat produksi untuk mengurangi risiko stock berlebih.  Alhasil,  lebih separuh kapasitas industry sepeda motor menganggur. AISI sendiri sejak 2016 tidak merilis lagi data angka produksi pabrikan anggota di situs resminya.   (d/r)

Melempar kelebihan produksi ke pasar ekspor?  Bukan pekerjaan mudah. Pasalnya hampir seluruh negara berkembang sebagai pasar potensial seperti Vietnam juga memiliki fasilitas produksi --yang umumnya juga afiliasi para pemain global yang sama. (idmover)

Daya serap pasar domestic tidak juga bangkit meski tim marketing sudah bekerja ekstra keras menstimulasi pasar dengan berbagai promosi atraktif. Ada yang namanya program cash back, subsidi uang muka, proses kredit dipermudah, insentif, bonus, ... yang belum ada tinggal   'buy one get one free'  kayak obral t-shirt di dept store.

Praktis persaingan antar merek berebut pangsa pasar semakin ketat. Dari sisi penawaran, situasi pasar sepeda motor sekarang ini berada pada level yang sangat-sangat kompetitif. (idmover)

Faktanya, memasuki tahun 2018 penjualan wholesales bulanan di Februari kembali susut hampir 9% dari 482.537 unit di Januari menjadi 439.586 unit. Demikian laporan AISI yang meng-cover lebih dari 95% volume pasar Indonesia. 

Tahun lalu penjualan bulanan berfluktuasi cukup tajam. Terendah di bulan Juni hanya 379.467 unit, tertinggi di Oktober 579.552 unit. Rata-rata 490.509 unit per bulan.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Pasca 2011 penjualan sepeda motor di pasar domestic  cenderung  mengalami koreksi minus 5% per tahun (CAGR), dari 8,01 juta unit menjadi hanya 5,89 juta unit tahun 2017.  Diduga pasar domestic sudah memasuki zona kejenuhan, mature market. Segmen new entry level nyaris sudah  habis tereksplorasi. Yang tersisa kini terutama segmen replacement, mengandalkan repeat order dari customer yang ingin  mengganti sepeda motor lamanya ke produk atau model baru.  (d/r idmover)


Bersambung ...

 

Mature market?;  Populasi tinggi dan ekses; Kontraksi berlanjut?;  Prospek pasar; Prospek Jenis dan model; Sepeda motor listrik; Pasar global; Vietnam sedang booming; ..