Mohon tunggu...
Humairoh
Humairoh Mohon Tunggu...

Suka di dunia Pendidikan, dan hobi Menulis Twitter : @umachem

Selanjutnya

Tutup

Muda

Ku Raih Toga Itu

12 Oktober 2016   11:36 Diperbarui: 12 Oktober 2016   14:07 103 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ku Raih Toga Itu
Team Tugas Akhir dan Dosen Penguji

Tepat tanggal 29 Juli 2015 aku mengakhiri studi D3-ku di Politeknik Negeri Jakarta. Perjalanan selama 3 tahun tidak semulus yang aku bayangkan.

Puncak perjuanganku saat memasuki awal tahun 2015, aku mengijakan studiku disemester 6 dan saat itu pula semuanya mulai berubah. Aku yang biasa menjalani rutinitas kuliah, organisasi, dan mengajar, sudah tidak bisa aku lalukan lagi. Saat itu aku hanya fokus pada kuliah semester akhirku. Semakin hari tidak karuan rasanya kegiatanku, why? hal itu karena pada semester 6 masih dibebani dengan SKS praktikum, kalian tau dong guys kalo praktikum wajib bikin LAPORAN, sedangkan saat itu juga aku harus menyicil untuk Penelitian dan Laporan Tugas Akhirku.

Next.. Aku mau cerita tentang proses penelitian dan laporan pembuatan tugas akhir. Aku menyelesaikan tugas akhir gasendiri guys, jadi gini karena kita D3, maka tugas akhir kita ada yang kelompok, aku memilih untuk rancang bangun alat, dan itu satu kelompok berempat, ini yang bikin makin gak garuan, aku sekelompok sama temen yang kategorinya gak begitu dekat denganku dan aku jarang komunikasi dengan mereka, tapi aku salut sama mereka, karena kita gampang menyatu, dan yang bikin aku bersyukur lagi sekelompok sama mereka tuh, mereka gak perna ngeluh untuk aku arahin, oh ya guys satu lagi, aku orangnya rada bawel, rame, dan pengennya tuh apa yang aku lakukan perfect, sedangkan mereka tuh rada diem, setiap kali mau ketemu buat bimbingan sama dosen pembimbing selalu aku yang bikin janji, perna aku kena tegur sama dosen pembimbingku gara-gara lebih sering aku bimbingan sendiri, dan kalian tau dosen pembimbingku itu super sibuk, Beliau sedang melanjutkan studi S3-nya di IPB, makanya itu kalo bimbingan selalu dadakan, sesempetnya dosenku, alhasil cuma aku yang bisa bimbingan, karena diantara kita yang rumahnya paling deket dari kampus ya cuma aku, waktu itu aku perna sempat dapat teguran dari dosbing. Semenjak dapet teguran itu, aku gak berani lagi bimbingan sendirian, "mending gak usah bimbingan kalo cuma sendirian".  hahhahahha

Tugas akhir kita itu melanjutkan penelitian dari dosen pembimbing, tapi kita modif, dan yang lebih enaknya tuh tugas akhirku gak mengeluarkan biaya loh, sampe uang pendaftaran sidang Tugas Akhir aja gratis, kita dapet bantuan dari dosen pembimbing dan dapet dana bantuan dari DIKTI karena ikut PKM, Alhamdulillah yah.

Oke aku lanjut yah, hari demi hari kita lalui untuk melakukan penelitian, dibalik TA yang gratis tersimpan perjuangan yang sadis hahhahah,  banyak banget guys tantangan ritangan dan hambatannya. Mulai dari salah menggulung lilitan kawat untuk alatnya, ribetnya uji coba kuat medan magnet, perijinan penelitian, diomelin satpam, dan merekalah  yang aku bawelin tiap hari hahhah dan perlu kalian ketahui, puncak penelitian kita pas bulan puasa, kebayang dong gimana rasanya nahan semuanya. Sambil penelitian, aku sambil menulis laporan, karena aku cewe sendiri di Team, mereka sih bantuin, bantu doa maksudnya, tapi aku seneng kok, karena alhamdulillah aku udah punya bekal menulis Karya Ilmiah sejak di MAN.

Dan akhirnyaaa selesai penelitian dan laporan tugas akhir kitaaa yyeeeeyyy, udah siap sidang nih, tapi syaratnya itu loh banyak banget guys, harus ada surat ini itu, saking pusingnya, aku jadi suka ngomel-ngomel sama team ku hahhaha dan hebatnya mereka gak perna bete atau apapun kalo aku lagi ngomel gajelas gara-gara hal itu, kasih jempol deh buat mereka. Oh ya guys, syarat sidang itu harus ada persetujuan dari dosen pembimbing, untung udah bilang sama dosbingnya, jadi kapan pun kita siap sidang, monggo.

AKHIRNYA.. tepat pada tanggal 29 Juli 2015  kita sidang tugas akhir dan hari itu juga kita dinyatakan LULUS. Alhamdulillah proses itu gak akan mengkhianati hasil yah.


Kenalin nih guys difoto itu ada "Para Jangkring" yang super duper ngeselin, tapi solidnya tuh keceh banget deh, bikin kangen, kangen ngebawelin hahhahaha eiiitttttssss kalo yang tengah itu bukan dosen pembimbing kita, tapi Beliau Dosen Penguji yang baik hati, awalnya takut di uji sama beliau, karena kritis banget guys, tapi pas sidang bak malaikat tanpa sayap” hahhahahha, kalo yang atas foto itu alat yang kita buat guys, dan judul Tugas Akhir kita "Rancang Bangun Alat Penghemat Bahan Bakar Besin dengan Elektromagnetik pada Mesin Otto". Sayang banget guys dosen penguji kita ga bisa hadir nemenin kita sidang, jadi gak ada yang bantuin deh hehhe. Kenalin nih dosen pembimbing kita yang paling keceh badai, namanya  "Ibu Tatun" inget banget sms dari beliau setelah aku bilang kalo kita lulus, gini isi smsnya "Alhamdulillah kalian sudah lulus, salam yah buat orangtua dirumah, bilang anaknya sudah lulus dari poltek, sukses yah buat kedepannya" uuuuhhhhh sweetnyaa hehehe

Perjungan ku untuk mendapatkan ijazah D3 belum berakhir guys, masih harus mengurus syarat- syarat pengambilan Surat Tanda Lulus Sementara (STLS). Ribet yaaahhh, tapi kalo dijalanin selesai kok heheh setelah mendapatkan STLS aku udah jarang dateng ke kampus, sampai tiba saatnya wisuda. Tanggal 26 September 2015 kita wisuda di Balairung Universitas Indonesia.

Dengan proses yang panjang dan penuh rintangan, akhirnya kita bisa mengenakan baju toga dan dapet gelar A.md, Terimakasih kepada Allah SWT, Orangtua yang gak perna ngeluh buat denger keluh kesah ku, Dosen Pembimbing, Dosen Penguji serta para Dosen-dosenku yang sudah memberikan ilmunya kepadaku, sahabat dan teman-teman seperjuangan, adik kelas, murid-muridku yang udah sempet sempetin dateng diacara wisudaku, tanpa kalian aku bukan siapa-siapa dan tanpa kalian aku gabisa apa-apa. Makasih makasih dan makasih. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x