Mohon tunggu...
Ulyatul FikaAzzahro
Ulyatul FikaAzzahro Mohon Tunggu... Lainnya - Masih kuliah

Mahasiswa yang hobi dibidang seni, terutama seni tata rias wajah a.k.a make up

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Ikut Memeriahkan Pelaksanaan Kurban di Desa Delik

10 Agustus 2022   00:00 Diperbarui: 10 Agustus 2022   00:00 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Minggu (10/07/2022), Mahasiswa KKN Mandiri Inisiatif Terprogram ke 14 Kelompok 70 dari UIN Walisongo Semarang membantu pelaksanaan kegiatan kurban di Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, lebih tepatnya di Dusun Banyu Urip. 

Diawali dengan sholat Eid bersama di masjid setempat, kemudian dilanjutkan dengan makan bersama dan halal bihalal di serambi masjid bersama warga. Setelah selesai makan bersama, peserta KKN bersama warga melanjutkan kegiatan penyembelihan kurban. Terdapat 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang disembelih.

Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan disalah satu halaman rumah warga. Sekitar pukul 8 pagi penyembelihan dimulai. Penyembelihan dilakukan oleh tokoh agama setempat dibantu dengan bapak-bapak dan peserta KKN putra. Penyembelihan berlangsung lancar tanpa kendala. Setelah itu dilanjutkan dengan pemotongan daging kurban. 

Pada bagian ini dibantu oleh ibu-ibu dan peserta KKN putri. Suasana hangat menyelimuti dengan obrolan akrab warga dan peserta KKN. Warga menyambut dengan sangat antusias kehadiran peserta KKN. Pemotongan daging kurban berlangsung hingga sekitar pukul 12 siang. Setelah itu daging kurban ditimbang dan dibungkus sesuai dengan ketentuan. Dilanjutkan dengan pembagian kepada warga sekitar.

Karena di dusun Banyu Urip terdapat sekitar 30% warga non muslim, untuk itu warga muslim juga berbagi daging kurban yang sudah dimasak. Menyembelih hewan kurban selain bernilai ibadah bagi yang berkurban, juga dapat mempererat silaturahmi dengan warga setempat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun