Mohon tunggu...
Ulum Nuraenii
Ulum Nuraenii Mohon Tunggu... Be yourself

Hidup adalah perjuangan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tetap Semangat di Era yang Cukup Berat

20 Januari 2021   07:39 Diperbarui: 20 Januari 2021   07:44 36 1 0 Mohon Tunggu...

Di era yang baru atau sering disebut sebagai new normal ini kita dituntut untuk menjadi manusia yang adaptif, dimana kita hidup berdampingan bersama virus covid-19, ya virus ini muncul di berbagai belahan dunia, tak hanya indonesia tentunya.

Jika kita ingat sebelum virus mematikan ini datang kita bisa hidup dengan tenang, tanpa adanya rasa takut atau was-was ketika bertemu orang  banyak, kita bebas ketika ingin pergi beraktivitas tanpa menerapkan protokol kesehatan 3M, beda halnya dengan era new normal seperti sekarang kemanapun kita pergi dan dimanapun kita berada kita harus menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).
Tentunya dengan adanya 3M ini memang sejatinya untuk melindungi diri kita dan untuk melindungi orang disekitar kita, ya inilah mungkin yang mengharuskan kita menjadi manusia yang adaptif, adaptif pada keadaan dan situasi.

Dan artilain dari adaptif mungkin, kita jua harus tetap produktif walaupun situasi sedang seperti ini, kita diharuskan tetap mampu produktif dan mau inovatif. Mungkin dengan tetap produktiflah kita akan mampu menerima keadaan ini dan mencoba untuk mampu bertahan hidup.
Tidak hanya produktif kita jua harus berfikir positif yang tentunya ini adalah bentuk dari adaptif itu sendiri, selalu berprasangka baik pada apa yang terjadi, yakin bahwa kita mampu melewati masa-masa sulit seperti sekarang ini, tak mudah memang, namun kita pasti mampu untuk menjalankannyadan melewatinya. Ingatlah segala bentuk ujian ini tidaklah mungkin melampaui batas kemampuan kita. Seperti pada surah Al- Baarah ayat 286 yang artinya:"allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya."

Sedikit tips agar kita bisa terus adaptif, berfikir positif dan produktif:
Ingat selalu tuhan( dekatkan diri selalu dengan tuhan)
Mulai untuk mewujudkan goal dalam hidup walau dalam era new normal
Jalani hari dengan ikhlas
Tetap berfikir bahwa setiap ujian pasti ada jalan
Dan tetap terapkan protokol kesehatan.
Tetap jaga kesehatan, terapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan), jangan lengah karena pandemi masih ada, terus semangat dan terus berfikir positif agar kita mampu menjadi manusia yang tetap produktif di era yang mengharuskan kita adaptif.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x