Mohon tunggu...
ulilamri__
ulilamri__ Mohon Tunggu... Youth Movement | @ulil.amri__

Berbagi cerita, biar inspirasi tumbuh lewat cerita itu.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Hardiknas, Ayo Lahirkan Kampus di PPU

2 Mei 2020   07:39 Diperbarui: 2 Mei 2020   08:07 16 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hardiknas, Ayo Lahirkan Kampus di PPU
hashimg.net

Pendidikan menjadi salah satu faktor utama terbentuknya sebuah peradaban yang maju dan berintelektual. Berkembang atau tidaknya suatu daerah dapat dlihat dari taraf pendidikannya. Tidak hanya sampai disitu, pendidikan menjadi langkah strategis dalam membangun sebuah peradaban bangsa. Maka, di Indonesia sendiri pendidikan menjadi amanat nasional yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945. 

Tak terkecuali di Penajam Paser Utara. Pendidikan sangat penting untuk membentuk generasi penerus dimasa depan. Bukan hanya generasi yang memiliki wawasan keilmuan yang luas, tetapi juga inovasi dan kreatifitas sebagai modal untuk membangun PPU yang lebih maju dan modern selaras dengan visi pemerintah saat ini.

Pendidikan menjadi modal untuk meningkatkan daya saing apabila wacana Ibukota akan dipindahkan. Jangan sampai menjadi asing ditanah sendiri, maka hal ini sangat penting untuk dipersiapkan.

Bukan tidak terlaksana, pendidikan wajib 12 tahun sudah diterapkan di PPU. Hanya saja masih ada yang kurang sebagai penunjang untuk membentuk peradaban maju, yakni perguruan tinggi atau kampus. Setidaknya saya membagi menjadi 3 hal besar yang melandasi untuk lahirnya kampus di Penajam Paser Utara.

Pertama, kampus sebagai pusat peradaban yang akan melahirkan para pemimpin dan para ahli dimasa depan. Kampus menjadi pergulatan peradaban besar karena menjadi miniatur masyarakat dengan keberagaman suku, agama, budaya, dan keilmuan. Dari perbedaan ini masing-masing akan melahirkan gagasan intelektual, inovasi, dan bergerak untuk membawa perubahan dengan mengisi fungsi-fungsi kepemimpinan dimasyarakat dan dalam berbagai bidang keilmuan sebagai penunjang untuk membawa perubahan dimasyarakat.

 Kampus juga sebagai pusat peradaban masyarakat yang modern akan menjunjung tinggi intelektualitas, integritas dan menjaga nilai-nilai Good Governance yang jauh dari korupsi dan keculasan lainnya. Dunia kampus berisi orang-orang hebat baik dari kalangan dosen, alumni ataupun mahasiswa yang sudah menjadi keharusan bahwa kampus bukan sekedar tempat menimba ilmu pengetahuan tetapi benteng pembentukan moral.

Kedua, Kampus sebagai pusat ilmu pengetahuan yang berisi tentang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. Hal ini tertera didalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menjadi visi atas lahirnya sebuah kampus. Pendidikan, Penelitian dan pengabdian dimasyarakat menjadi proses pembelajaran di perguruan tinggi yang memiliki peranan penting untuk menciptakan masyarakat intelektual dan melahirkan sosok penemu dalam bidang keilmuannya bahkan lintas keilmuan yang dapat diterapkan dimasyarakat.

Program study yang di siapkan harus sesuai dengan kebutuhan daerah. Dibuat risetnya untuk jangka panjang, apa yang akan menjadi kekuatan dan berpotensi menjadi andalan bagi Penajam Paser Utara. Pertanian misalnya, bidang ini akan semakin meyakinkan apabila disiapkan pula wadah untuk membuat penelitian guna menemukan pengembangan baru di bidang pertanian. Dimasa depan kita akan melihat kemajuan pertanian di PPU.

Ketiga, Kampus sebagai cikal bakal bertumbuhnya perekonomian. Dimana kampus tumbuh disekitar itu pula ekonomi akan tumbuh. Penyedia kamar kos dan rumah sewa, penyedia kantin dan rumah makan, serta dalam pemenuhan kebutuhan lainnya. Tentu dengan adanya kampus akan membawa pertembuhan ekonomi di masyarakat.

Tentu ketiga hal ini akan tercapai apabila kampus memiliki proses pengelolaan dan manajemen yang baik. Berdirinya sebuah kampus di PPU akan berdampak besar bagi peradaban dan peningkatan intelektual di masyarakat, membangun generasi yang maju dan modern. Hal ini pula selaras dengan visi pemerintah untuk menjadikan PPU maju, modern dan religius.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN