Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

5 Ide Lomba 17-an Virtual untuk Anak Sekolah

15 Agustus 2021   06:51 Diperbarui: 17 Agustus 2021   14:02 1191 6 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
5 Ide Lomba 17-an Virtual untuk Anak Sekolah
Lomba 17-an Virtual by Ulihape

Tahun kedua kita akan merayakan 17-an tanpa berkumpul di lapangan, sebelum pandemi momen tahunan ini bukan sekedar momen lomba RT melainkan ajang silaturahmi bagi warga kami. Kembali tahun ini pemerintah menyerukan agar kita bisa merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di rumah saja. 

Sekolah anakku bahkan tahun lalu tak mengadakan acara apapun karena semua masih beradaptasi dengan kondisi mendadak online, bahkan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) saja belum lancar karena baik murid dan guru masih sama-sama belajar menikmati Belajar Dari Rumah (BDR).

Tapi tahun ini ada sedikit kabar bahagia buat anak didik, tahun ini kembali sekolah mengadakan lomba 17-an virtual untuk anak-anak, kami sebagai wali murid diminta untuk memberikan usulan. Rasanya lomba 17an seperti balap karung, tarik tambang, makan kerupuk dan lain-lain yang membutuhkan ketelitian mata dalam menilainya mustahil dilakukan. 

Meski bisa saja dilakukan dari rumah namun kondisi jaringan internet yang berbeda pasti membuahkan ketidakadilan, bisa saja si A sebenarnya sudah selesai terlebih dahulu namun karena kondisi jaringan lelet akhirnya dimonitor juri terlihat berbeda. 

Aku sering mengalaminya mengikuti seminar online satunya via zoom dan satunya bisa dinikmati dari youtube selalu ada jeda seperkian detik diantaranya padahal kita sedang menikmati seminar online yang sama.

So, ini dia 10 ide lomba 17-an virtua untuk anak sekolah

Untuk melaksanakan lomba ini tetap dibutuhkan juri, lomba dan penilaian bisa dilakukan sebelum, sesudah atau pada saat tanggal 17.

Lomba Cerdas Cermat 

Lomba cerdas cermat sangat mungkin dilakukan secara virtual, lomba ini bisa diikuti oleh murid kelas 5 dan 6 SD. Aplikasi yang kita gunakan bisa Kahoot.it. Panitia bisa membuat soal  quiz seputar sejarah kemerdekaan Republik Indonesia, lomba ini memang sangat tergantung dengan jaringan internet namun cukup fair karena masing-masing peserta bisa memantau hasil perolehan mereka langsung. So lomba ini bisa dilangsungkan pada saat 17 an.

Lomba Posting Poto di Sosial Media

Anak-anak bisa diajak untuk memposting keseruan keluarganya menyambut 17-an di media sosial, platform yang bisa digunakan adalah facebook dan instagram. Penilaian harus terdiri dari kekompakan, kreatifitas serta indikator impression seperti jumlah like dan komentar. 

Hal ini akan mengajarkan kepada anak bahwa untuk mendapatkan support dibutuhkan usaha dan sebagai orang tua kita bisa membantu serta menjelaskan bagaimana dulu para Pahlawan berjuang untuk bisa merdeka. Lomba ini bisa untuk anak kelas 3 sampai kelas 6 SD. Lomba diadakan sejak tanggal 1 Agustus hingga 14 Agustus, karena juri akan butuh merekap hasil untuk menentukan pemenang pada hari H nanti.

Lomba Kesenian

Di sekolah biasanya ada ekstrakurikuler seperti mewarnai, menari dan menyanyi. Adakan lomba kesenian untuk seluruh siswa, kelas 1-2 tentu bisa diberikan template mewarnai sederhana begitu juga untuk jenis tarian dan lagu. Minta siswa mengirim hasil karya berupa poto atau video dan lomba ini sebaiknya diadakan sebelum hari H.

Lomba Storytelling, Pidato

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan