Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ketika Do'a Berbuka Puasa Berbeda

28 April 2021   13:28 Diperbarui: 28 April 2021   13:34 1168 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Do'a Berbuka Puasa Berbeda
Ilustrasi by Ulihape

Ramadan tiba, Ramadan tiba, tiba-tiba Ramadan? Candaan ala netizen ini hehe

Challenge kita hari ini adalah tentang do'a, kutipan ayat, hadist atau dalil yang diingat sepanjang Ramadan. Wah kalau Ramadan ya identik banget dengan menghapalkan doa berbuka puasa dan niat sahurkan? Tapiiiiii .... entah apa asal muasalnya sekitar dua tahun ini do'a berbuka puasa yang sejak kecil aku hafalkan ternyata salah (katanya) dan berbondong-bondong pula orang memperbaiki bacaan do'a buka puasanya, bagaimana dengan aku?

Sekolah kedua anakku dan suami menghafalkan do'a berbuka puasa terbaru sementara aku mantaf melanjutkan apa yang aku yakini sejak kecil. Ini bukan tentang perbedaan tapi aku sama mengagumi kedua do'a yang dipanjatkan untuk tujuan berbuka puasa tersebut. Lagian dalam islam perdebatan itu sebaiknya dihindarkan karena diyakini lebih banyak mudharat daripada manfaat.

Lantas apa sih bedanya kedua do'a tersebut?

Kalau do'a yang ku hafalkan adalah : Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu birrahmatika yaa arhama roohimiin menurutku sejak lama kita melafadzkannya tanpa ada perdebatan, udah kepikir nggak sih berapa banyak ulama? berapa presiden, berapa menteri yang menggunakan do'a ini untuk membatalkan puasa? Lantas karena ada pendapat yang viral maka semua meninggalkannya? Dari beberapa literatur yang aku baca juga menyebutkan bahwa do'a ini sumbernya juga hadist yang kuat bukan dhoif. Kebetulan akupun nggak suka mengikuti trend dan aku lebih nyaman dengan do'a berbuka puasa yang sudah aku lafadzkan sejak kecil.

Allahumma laka shumtu memiliki makna Ya Allah hanya untukmulah aku berpuasa sebuah ungkapan dari hamba kepada sang pencipta

wa bika amantu artinya kepadamulah aku beriman dan ini adalah sebuah pernyataan sikap bahwa tak ada tuhan selain Allah aku percaya hal ini memang yang diajarkan rasul juga bukan?

wa'ala rizqika afthartu artinya dengan rizki-MU lah aku berbuka sebuah sikap yang menuntun kita untuk menghasilkan rizki yang halal dan menyatakan saat Ramadan tiba pun kita senantiasa mencari rizki di jalan Allah

birrahmatika yaa arhama roohimiin artinya dengan rahmat Mu lah aku bisa melakukannya, wahai zat yang maha pengasih

Semua kata yang dirangkai dalam do'a berbuka puasa ini tak mengandung kata yang menyesatkan. Do'a ini memiliki makna yang cukup baik dan lagian aku sudah menghafalkannya sejak dulu sungguh rangkaian kata yang sangat indah untuk diucapkan.

Lantas suamiku yang memang cenderung mengikuti arus langsung mengubah do'a yang sudah dihafalkannya sejak kecil dan lucunya lumayan lama dong pegang contekan haha maklum do'a baru. Sementara anak-anak di sekolahnya diajarkan do'a berbuka puasa versi baru menurutku. Do'a baru ini diyakini adalah do'a yang diucapkan rasul ketika berbuka puasa bunyinya sebagai berikut : Dzahabaz zhama'u wabtallatil 'urqu wa tsabatal ajru, insy Allah artinya Telah hilang rasa haus dan urat-urat telah basah dan pahala telah tetap, insya Allah. Do'anya lebih singkat sih ya dan lebih menunjukkan menyegerakan berbuka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x