Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Meski Pandemi Ngeblog Jalan Terus

24 Juli 2020   09:33 Diperbarui: 24 Juli 2020   10:40 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cara dapat uang dari blog. Dok. pribadi

Sampai kabar penggantian gugus tugas covid terbaru rasanya kita bakalan ada dalam fase new normal agak panjang atau bahkan kata ahli kehidupan sejarah manusia tuh gak pernah mundur, artinya memang gaya pakai masker dan bawa hand sanitizer kemana-mana akan baku dan anak yang lahir di era covid gak pernah tahu lagi gimana cetarnya warna lipen tetangga sebelah sebelum pandemi menyerang hehe.

Kalau mengutip dalil-dalil bahwa rezeki itu adalah urusan Allah maka memang demikian adanya, pandemi memang membuat seseorang terpuruk namun ada banyak juga orang yang justru baru memulai bisnisnya saat pandemi. Lalu bagaimana dengan hobi ngeblogku? Terdampak gak sih saat pandemi ini? Well aku gak tahu juga apakah penurunan pendapatan yang aku rasakan adalah karena pandemi atau ada faktor lain?

Well, rasanya memang ada faktor lain sih, karena beberapa klien tak jadi menjalin kerjasama karena rangking blog ku mengalami penurunan, lalu banyak campaign yang sudah tak menyasar usia 40 tahun plus haha. Dan gak sedikit juga klien yang membatalkan kerjasama karena adanya perubahan dalam budgeting sebuah brand. Tapi cara Allah mencukupkan rezeki tuh ada aja kok, sekarang buktinya banyak banget undangan menghadiri webbinar dan bisa menghasilkan juga.

Lantas apa ya tips yang bisa aku bagikan buat kalian? Sampai Juni kemarin penghasilan blog baru ada diangka 20 juta, dibanding tahun lalu sudah diangka 38juta memang turunnya mayan banget ya gengs. Nah jangan lihat angka ya, sontek saja tips apa yang aku kerjakan supaya tetap mendapatkan paid post, yang pasti aku gak hanya menulis di kompasiana, rerata di kompasiana ini tulisan gratis, kok mau? Loh kalian tahu gak beberapa brand justru menghubungi ku karena menemukan tulisan ku di kompasiana loh, makanya aku gak segan mencantumkan nomor kontak di profile ku hehe. Jadi ada banyak brand/agency yang mencari penulis dari kompasiana loh...

PELUANG BLOGGER

Nah masih ada 5 bulan lagi sebelum tahun berganti, kalian masih bisa mendapatkan banyak peluang menambah penghasilan dari blog/tulisan kalian ini aku share sedikit tips yang aku jalani ya.

Ngeblog Jalan Terus di Semester Kedua

  1. Menulislah Tanpa Mikirin Bayaran, nah gunakan kesempatan sepinya job buat mengupdate konten organik di blog or channel yutub kalian. Jangan bikin konten pas dibayar aja. Nulis aja terus karena pembaca kalian ada dimana-mana dan dan kita gak pernah tahu tulisan mana yang mendatangkan rezeki. Makanya nulis aja terus. Justru selama ini kewalahan nulis artikel organik karena banyaknya tawaran job so gunakan momen saat ini untuk mengupdate artikel organik. Ide blogpost bisa seputaran pandemi atau berita viral yang ada bahkan segala tips selama menghadapi pandemi.
  2. Ambil Peluang Yang Ada, jangan gengsi ngambil job receh. Betul sih kadang feenya gak sebanding dengan effort tapi ini bukan saatnya memilih gengs, lu ada yang nawari aja itu adalah berkah. Kadang yang feenya receh ini banyak, yah kek post ke sosmed feenya 50 ribu tapi kalo ada 10 tawaran ya sudah setengah juta juga beb, ya gak? 
  3. Membantu Promosikan Usaha Teman, nah kalau buntu banget sama ide nulis cobaa sedekah gengs, kan kita ngakunya influencer dan aku percaya ada dong teman-teman kalian yang punya usaha. Tawarkan bantuan kalian untuk mengulas produknya atau sekedar post di sosmed kalian. Inshaallah beb niat yang begini gak sia-sia loh. Bikin orang bahagia tuh pahalanya gede, makanya adakan orang bilang kalau pemberian itu bukan dilihat dari materinya tapi dari ketulusan. Nah saatnya kalian bantuin usaha teman ya
  4. Tetap Menabung, aku sebenarnya jarang nabung karena uang yang aku dapat tuh selalu aku pakai dan bagi-bagikan. Tapi sebagai sahabat aku akan selalu ingatin buat kalian untuk selalu menyisihkan pendapatan kalian, sekecil apapun simpanlah.
  5. Berhemat, pandemi ini membuat aku menyadari bahwa aku bisa loh berhemat haha, selama ini aku bukan boros sih tapi aku selalu berpikir ngapain sih nyimpan uang, entahlah aku berpikir hidupkan gak tahu sampai kapan jadi gunakan aja uang yang ada. Toh kalo kenapa-napa ada asuransi buat para ahli waris hihihi. Namun sejak pandemi aku jadi punya uang lebih karena memang alokasi makan diluar, alokasi nonton, alokasi menjenguk saudara jauh banget berkurang. Jadi mumpung pandemi berhemat ya gengs.

Ya udah 5 tips itu aja dulu, jangan lupa untuk tetap bersilaturahmi kepada teman-teman. Karena kita juga gak pernah tahu teman yang mana yang ingat sama kita untuk ngabarin ada job hehe. Kadang suka terharu pas di hubungi dan dia bilang "aku ingat kaka uli karena kemarin komen di igek ku" nah bahagiakan dengernya.

 

Fighting!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun