Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Kompasiana Premium, Yay or Nay?

3 Juli 2020   21:52 Diperbarui: 3 Juli 2020   22:01 116 6 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kompasiana Premium, Yay or Nay?
tangkapan layar dok. pribadi

Sore tadi aku baru tahu adanya terobosan baru dari Kompasiana. Bukan hal baru karena sejak dulu aplikasi atau apapun selalu menyediakan dua versi FREE dan PREMIUM. Kini Kompasiana menghadirkan Kompasiana Premium.

Apa keuntungannya? Sekedar bebas dari iklan? Atau ada keuntungan lainnya? Berapa sih bayarannya?

Aplikasi edit video dan gambar yang ada di gawaiku ada yang free ada yang premium. Semua tentu kembali kepada kebutuhan kita.

Untuk aplikasi video yang meninggalkan watermark memang aku beli yang premium, malulah bikin paid content tapi pakai gratisan haha sikap ini bisa dianggap sebagai bentuk profesional.

Aplikasi edit photo aku pilih yang gratis karena memang tak ada watermark dan gratisan aja sudah bisa memenuhi segala kebutuhan edit photo untukku.

Lantas apa keunggulan Kompasiana Premium? Oh iya kek aplikasi lainnya Kompasiana Premium juga menyediakan masa trial jadi bisa dicoba dulu ges. Dari situsnya ada beberapa keuntungan menjadi Premium User yaitu:

  1. Bebas Iklan
  2. Akses lebih cepat
  3. unlimited draft
  4. Preview Post
  5. Schedule Post
  6. Fitur Coming Soon , jadi keknya bakalan ada banyak fitur lagi ges.

Bahas satu per satu yuk! 

  • Bebas Iklan, kalau dilihat infografis di laman kompasiana premium sepertinya gak akan bebas iklan banget sih. Soalnya di sana tertulis Limited Ads ini aku artikan iklannya ada tapi gak banyak. Gak kek saat ini ada iklan di mana-mana.

    Aku pribadi sebagai user gak terganggu sih sama iklan yang ada, wong aku biasanya nulis trus sign out. Kalo kompasianer lain memang keren deh sempat saling komen jadi kalau kalian aktif di kompasiana dan selalu ngomel sama banyaknya iklan so sudah saatnya beralih ke kompasiana premium. Fitur ini menggodaku untuk menjadi user premium? Nay!

  • Akses Lebih Cepat, bisa jadi karena bayar maka kalian diprioritaskan tapi aku sih internet gak pernah masalah. Biasanya kalo gak bisa buka kompasiana penyebabnya memang server kompasiana ada gangguan, entah maintenancelah, ramai yang pakailah atau alasan lain. So manfaat ini juga gak bikin aku tertarik menggunakan versi premiumnya kompasiana (Nay!)

  • Unlimited draft, kalao versi gratis kita bisa ngedraft keknya 3 hari doang ya? Habis itu dihapus? Nah kalian yang hobi menyimpan draft akan bersyukur dengan layanan kompasiana premium ini, tapi bagiku fitur ini juga gak membuat aku tertarik menjadi user premium. Pasalnya aku gak suka ngedraft maklumlah orang batak yang suka tembak langsung hehe (Nay!)

  • Preview Post, selama ini memang yang ngebetein tuh di Kompasiana gak bisa ngaca dulu, langsung aja tayang eh tahu-tahu tulisan gak rapih, jarak ada yang kejauhan. Nah buat kalian yang peduli penampilan beralihlah menjadi user premium, aku? Gak masalahlah wong bisa klik tombol edit buat nyesuaiannya (Nay!)

  • Schedule post, nah aku gak suka ngedraft maka fitur premium ini juga kurang manfaat buatku (Nay)

  • Fitur Coming Soon ini yang bahaya haha, kalau tiba-tiba muncul fiturnya khusus lomba blog harus jadi user premium nah baru deh mau gak mau lah namanya juga mau eksis ya kan?

    Atau fiturnya yang user premium bakalan dapat K-reward minimal 100 ribu boleh deh jadi user premium. Atau lagi poin yang udah ada bisa ditukar saldo gopay kalau user premium, nampaknya fitur coming soon ini akan menjadi pertimabangan ku menjadi user premium (Yay!)

Aku sudah lama sebenarnya gak ngandalin kompasiana untuk membuat artikel, selain kompasiana masih ada akun di pepnews.id, bisnismuda.id dan 3 blog pribadi.

3 blog pribadi ini jelas berbayar dan aku maintenance setiap tahun, untuk ketiga blog aku bayar domain kurang dari 700 ribu per tahun but it's ok karena dengan modal katakanlah 2 juta per tahun (plus kuota) aku bisa menghasilkan pendapatan 60 juta per tahun jadi wajar rela mengeluarkan modal karena ada feedbacknya.

Lah matre banget sih lu?  Oh jelas harus ada perhitungan baru bisa sukses. Kalo masalah sedekah, ngebantuin orang gak usah dibahaslah karena beda bab ya kan?

tangkapan layar dok. pribadi
tangkapan layar dok. pribadi
READER PREMIUM?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x