Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Outsider Artpreneur, Pameran Lukisan Istimewa

30 Agustus 2019   16:55 Diperbarui: 30 Agustus 2019   16:56 0 1 0 Mohon Tunggu...
Outsider Artpreneur, Pameran Lukisan Istimewa
Dokpri

Suatu sore disebuah grup WA mas Ananda Sukarlan (Pianis Klasik Dunia) mengundang beberapa teman yang ingin menyaksikan pembukaan pameran Outsider Artpreneur pada 27 Agustus 2019 kemarin. Mas Ananda Sukarlan akan tampil dalam mini konser dan yang menarik adalah pada pameran lukisan ini ada 100 karya yang dipamerkan. Pameran ini menjadi istimewa karena para senimannya adalah penyandang difabel, Outsider Artpreneur melibatkan 9 seniman istimewa dengan berbagai latar psikososial yang berbeda-beda.

Ketika aku sampai di lokasi, ternyata sedang ada talkshow interaktif dari kesembilan seniman istimewa kita. Mereka bukan anak-anak lagi dan mereka bersama dalam sebuah komunitas bernama Kapal Cinta. Komunitas Kapal Cinta didirikan oleh Nawa Tunggal seorang Wartawan Kompas, beliau mempunyai seorang kakak dengan gangguan psikologis dan lewat seni lukis sang kakak mampu menghasilkan karya yang mendapat respon sangat baik dari para pelaku seni. Akhirnya Nawa Tunggal menemui beberapa orang yang memiliki kebutuhan sama dengannya, dimana ingin orang yang dicintainya meski istimewa namun harus hidup secara normal. Lewat Komunitas Kapal Cinta meski dengan berbagai kondisi istimewa lewat seni lukis semua bisa merasakan kebahagiaan.


Pameran ini bertema Pasung Kapal Lepas, tujuannya agar berkebutuhan khusus bisa meningkatkan kemampuannya dalam hal mental dan penguasaan aspek seni. Pameran ini akan berlangsung sampai 8 September jadi kalau kalian ingin melihat betapa kerennya karya 9 seniman istimewa datang saja ke Galeri Ciputra Artpreneur.

Karya Seniman Difabel - Dokpri
Karya Seniman Difabel - Dokpri

Ibu Rina Ciputra selaku Presiden Direktur Ciputra Artpreneur sangat mengapresiasi pameran ini dan hal ini juga merupakan rangkaian ulang tahun kelima Ciputra Artpreneur, karenanya Ibu Rina berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara terus menerus. Sebagai wujud nyata Rina memberikan kesembilan seniman difable ini mentor seni yang keren dengan menghadirkan kurator seni senior Jean Couteau dan Hanafi sebagai mentor dalam mendampingi sembilan seniman difable menghasilkan karya.

Siapa saja 9 seniman istimewa itu ? 

Anfield Wibowo mengidap Asperger Syndrome namun sewaktu kecil diagnosa awal hanya tunarungu, lewat seni lukis Anfield bisa mengendalikan emosinya dan meski sulit berbicara namun Anfield sudah punya karya yang luar biasa dan pernah diundang ke istana negara untuk melakukan live painting.

Aqillurachman Prabowo, dari semuanya maka dalam pandangan mataku Aqil adalah yang paling bisa diajak berdiskusi karena dia adalah penyandang disleksia yang mengalami kesulitan dalam menulis dan membaca, karya seninya bikin kamu kagum guys! Dalam salah satu karyanya yang berjudul "Apa kerennya sih jadi normal?" aku sangat menikmati lukisannya. Dari Sang Ibu Amalia Prabowo sangat berterima kasih adanya kegiatan seperti ini maka sebagai orang tua dari anak berkebutuhan khusus, Amalia merasakan bahwa ada juga tempat bagi anak-anak istimewa ini untuk bahagia.

Audrey Angesti, Audrey tak pernah bisa tenang dalam belajar mata pelajaran dan dia bisa sangat menikmati dalam melukis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x