Mranggen, Demak (11/07/21) -- Di era perkembangan teknologi ini, pelaku usaha memanfaatkan digital marketing untuk memasarkan produk dan jasanya. Dengan adanya digital marketing, iklan dan promosi sangat mudah untuk dijalankan dan memiliki tingkat efisiensi biaya yang sangat tinggi, hal ini karena semakin banyaknya pengguna platform digital dan masyarakat mulai beralih melakukan pembelian secara online daripada harus datang ke toko.
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari pelaku usaha di Desa Candisari, mereka masih menggunakan penjualan secara konvensional. Pelaku usaha Opak Sili menjualkan produknya di pasar tradisional yang ada di Desa Candisari dan di rumahnya. Sehingga pelanggan Opak Sili tersebut hanya terbatas yaitu masyarakat sekitar lokasi saja. Di tahun 2020, adanya COVID-19 mengakibatkan penjualan Opak Sili menurun, hal ini karena tutupnya pasar tradisional sehingga mereka tidak dapat berjualan lagi.
Dengan kasus tersebut, Mahasiswi Universitas Diponegoro asal Candisari, Ulfiana Laili Saadah menyusun program Kuliah Kerja Nyata yaitu pelatihan digital marketing untuk UMKM yang bertujuan untuk membantu perekonomian para pelaku usaha yang terdampak COVID-19 dan untuk memperkenalkan UMKM Opak Sili ke masyarakat luas. Sasaran program ini adalah pelaku usaha UMKM Opak Sili di Desa Candisari. Dikarenakan peraturan dari Universitas Diponegoro dan pembelakuan PPKM, kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini dilakukan melalui online.
Pada tanggal 11 Juli 2021, mahasiswa memberikan pembekalan materi kepada pelaku usaha dengan melalui Video Call, dalam kegiatan tersebut mahasiswa menjelaskan mengenai digital marketing, keuntungan yang didapatkan, macam-macam digital marketing, tata cara pembuatan akun marketplace dan sosial media, membuat konten yang menarik, dan cara upload produk tersebut ke akun marketplace dan sosial media. Pada tanggal 21 Juli 2021, mahasiswa membantu pelaku usaha membuat akun marketplace dan sosial media dan menjelaskan fitur-fitur yang ada di dalamnya, sehingga kedepannya mereka dapat menggunakannya untuk memasarkan produknya.
Dengan kegiatan ini, saya berharap dapat membantu pelaku usaha untuk meningkatkan penjualannya.
Penulis : Ulfiana Laili Saadah, Program studi Administrasi Bisnis/Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/Universitas Diponegoro
DPL Â : Dr.Naniek Utami Handayani, S.Si., MT