Mohon tunggu...
Ulfa Nadirah
Ulfa Nadirah Mohon Tunggu... ulfanadirah

KKN TEMATIK UM desa Santong Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Penyuluhan dan Pelatihan E-Arsip oleh Mahasiswa KKN Tematik UM

15 November 2019   09:03 Diperbarui: 15 November 2019   09:00 0 0 0 Mohon Tunggu...
Penyuluhan dan Pelatihan E-Arsip oleh Mahasiswa KKN Tematik UM
dokpri

Pasca Gempa Lombok Juli 2018, banyak arsip desa yang telah hilang dan rusak. Kehilangan arsip desa menyebabkan staf desa harus mendata kembali data-data yang telah hilang.

Berkaitan dengan keadaan tersebut, mahasiswa KKN Tematik "Tanggap Bencana" Lombok UM mengadakan kegiatan pelatihan penggunaan E-Arsip yang dapat memberikan kemudahan dan keamanan kepada staf desa dalam menyimpan dan mengamankan arsip desa.

Pelatihan E-Arsip dilaksanakan pada hari Selasa (12/11/2019) dan hari Kamis (14/11/2019) bertempat di kantor Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Sasaran dari kegiatan ini adalah staf desa dan bertujuan untuk membantu perangkat desa untuk menata Dokumen Desa.

"Baru KKN kali ini yang mengadakan pelatihan mengenai E-Arsip dan itu sangat membantu sekali untuk para staf desa, mengingat ketika terjadi bencana banyak arsip yang telah hilang" ungkap bapak Dendi selaku S.I.D kantor Desa Santong.

Kegiatan 2 hari di Kantor Desa di mulai pukul 13.30 WITA sampai selesai. Hari pertama dimulai dan di buka oleh bapak M Fauzi S.H selaku Sekretaris Desa dan sekaligus Sebagai Plt Kepala Desa Santong, kemudian dilanjutkan dengan penginstalan aplikasi E-Arsip. Pemateri menjelaskan tentang aplikasi E-Arsip dan dilanjutkan dengan praktek oleh para peserta. Penyampaian materi yang terstruktur membuat para peserta cepat paham dan tanggap mengenai penggunaan aplikasi E-Arsip.

Kegiatan berlangsung dengan sangat cepat sampai pukul 15.30 WITA. Para peserta ingin segera kembali ke rumah masing-masing dan pelatihan dilanjutkan hari Kamis, 14 November 2019. Kegiatan tersebut segera diakhiri dan ditutup dengan makan-makan bersama. Pada hari kedua pemateri hanya menyampaikan sebagian materi yang belum tuntas sekaligus melatih para peserta untuk menggunakan aplikasi tersebut dengan contoh membuat arsip dokumen yang ingin dimasukkan ke dalam aplikasi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x