Mohon tunggu...
Ulfah Hasibuan
Ulfah Hasibuan Mohon Tunggu... Guru - Guru TK

Di Kota Pangkalpinang Babel

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Matematika dengan "Gasing"

1 Agustus 2021   10:45 Diperbarui: 1 Agustus 2021   10:49 228
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Gampang Asyik dan Menyenangkan)

Bismillahirromanirrohim...

Alhamdulillah TK Kutilang Pangkalpinang pada bulan Juni 2021 mengutus dua orang guru untuk mengikuti pelatihan GASING yang dicetus oleh Prof. Yohanes Surya. Salah satu guru yang mengikutinya adalah saya sendiri.

Masyalloh, amat takjub dengan metode yang amat memudahkan saya kembali mencerna Matematika yang dulunya tidak begitu saya sukai. Dengan durasi 6 kali pelatihan, 1 kali pelatihan terkadang hampir 4 jam lebih membuat sedikit penyesalan mengapa tidak dari dahulu metode ini diperkenalkan. Namun tidak ada kata terlambat, saya bersyukur saya bisa kenal GASING.

Hal yang paling saya sukai dimetode ini adalah BAKUL BAGI (penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian), yang harus berurut dalam memeperkenalkannya kepada anak. Selain itu ada pembahasan bilangan bulat dan juga soal cerita. 6 kali pelatihan yang terasa amat singkat karena full diskusi dan peserta pelatihan juga berinteraksi langsung dengan fasilitator. Dengan didampingi oleh Ibu Dian dan Ibu Lina sebanyak 30 peserta yang ketika itu masih dilakukan dengan virtual, semua peserta amat bersemangat.

Dengan mengerjakan semuanya berdasarkan nilai tempatnya, matematika tidak ad yang sulit jika kita kerjakan dengan metode GASING. Mungkin untuk contoh-contoh pengerjaan sola Matematika dengan metode GASING akan saya berikan kemudian. Terima kasih pula kepada Yayasan Pelita Hati Jakarta dalam hal ini Bu Tami yang telah menjadi wasilah untuk kami semua mencintai Matematika terutama dengan metode yang termasuk baru dalam paradigma kami.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun