Mohon tunggu...
Ulan Hernawan
Ulan Hernawan Mohon Tunggu... I'm a teacher

Mari berbagi ilmu. Ayo, menginspirasi!

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Cara Merawat Mobil Matik Sebelum Perjalanan Jauh

16 Agustus 2019   23:18 Diperbarui: 16 Agustus 2019   23:42 109 0 0 Mohon Tunggu...
Cara Merawat Mobil Matik Sebelum Perjalanan Jauh
[ilustrasi foto : automotivexist.blogspot.com]

Perkembangan mobil matik di dunia saat ini sudah sangat pesat dan bervariasi baik dari model, mesin sampai efektifitas kegunaannya. Saat ini, masyarakat cenderung beralih dari mobil manual ke matik karena berbagai alasan. Antara lain, mobil matik jaman sekarang lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar irit dengan teknologi "echo driving" yang memanjakan pengguna untuk mengatur efisiensi bahan bakar saat sedang melaju. 

Keuntungan yang lain adalah mobil matik lebih nyaman digunakan di kota-kota besar yang sering terjadi kemacetan atau lalu lintas yang padat. Sangat terasa bagi para pengendara yang sering menggunakan transmisi  manual atau kopling dengan transmisi otomatis atau matik. Kaki tidak lelah menginjak kopling saat jalanan padat merayap atau tanjakan tinggi yang harus dilalui.

Lebih khususnya lagi untuk para pengendara wanita yang enggan menginjak kopling atau tidak paham cara kerja transmisi manual, pasti lebih memilih membeli mobil matik yang dirasa mudah penggunaanya. Hanya tinggal injak gas dan rem. Apalagi pengemudi pemula yang juga tidak mau direpotkan dengan kopling, maka mobil matik akan menjadi sasaran utama mereka dalam membeli mobil.

Oleh karena itu, para perusahaan otomotif besar Asia seperti Toyota, Honda bersaing dan berlomba mengeluarkan produk mobil matik mereka dengan berbagai variasi dan keunggulan masing-masing.

Namun, perlu diketahui, bagi pengendara pemula yang baru saja membeli mobil matik, bahwa merawat mobil matik baru anda diperlukan perhatian khusus agar mobil matik anda tetap dalam kondisi yang bagus dan awet dalam jangka waktu yang lama. Terlebih lagi apabila anda akan melakukan perjalanan jauh seperti mudik lebaran, atau liburan menggunakan mobil dengan jarak tempuh yang tergolong jauh (lebih dari 5 jam perjalanan) diperlukan perawatan ekstra untuk kondisi prima mobil matik anda.

Berikut hal-hal yang diperlukan untuk merawat mobil matik anda sebelum perjalanan jauh:

1.Servis Mobil di Bengkel Terpercaya
 

[ilustrasi : wikiasblog.com]
[ilustrasi : wikiasblog.com]

Sebelum anda pergi jauh, pastikan mobil anda di servis di bengkel terpercaya. Artinya bukan sembarang bengkel abal-abal yang tidak terjamin kualitasnya. Apalagi untuk kondisi mobil yang masih baru. Pemilihan bengkel adalah hal yang penting, karena bengkel yang bagus pasti memiliki peralatan yang mumpuni untuk melakukan pengecekan mesin, ban, rem, sistem listrik, penggantian oli dan pengecekan gardan mobil (balancing,sporing, dll).

Mobil matik adalah mobil yang membutuhkan update tentang perkembangan mobilnya. Akan lebih baik apabila servis dilakukan secara rutin dan berkala setiap  1-2 bulan sekali. Usahakan pula, pemilihan bengkel yang memiliki garansi apabila terjadi kerusakan setelah servis.

2.Mengganti Oli Mesin Matik
 

[Ilustrasi : otomotif.kompas.com]
[Ilustrasi : otomotif.kompas.com]
Sebelum melakukan perjalanan jauh seperti mudik, maka penggantian oli mesin adalah hal yang paling penting juga untuk mobil matik. Harus dicek benar, apakah oli masih dalam kondisi bagus dan masih dalam volume yang layak pakai. Biasanya, apabila sudah pernah melakukan pergantian oli, akan ada tanggal kapan sebaiknya mulai ganti oli, atau berapa kilometer sebaiknya anda mengganti oli anda. 

Mesin mobil matik akan lebih bekerja maksimal apabila oli baru dan tingkat kekentalannya cocok dengan kapasitas kinerja mesin anda. Mobil yang memiliki cc besar dengan mobil cc kecil tentu memiliki kekentalan oli yang berbeda pula. Apabila mobil matik anda sudah mendekati angka 50.000 km, maka segeralah mengganti oli.

3.Pemanasan Mobil
 

[Ilustrasi: otomotif.kompas.com]
[Ilustrasi: otomotif.kompas.com]
Hal ini sepele, namun sering tidak dihiraukan para pengendara mobil matik. Kebanyakan para pengendara yang sudah bekerja, seringkali di pagi hari terburu-buru berangkat kerja dan hanya sebentar melakukan pemanasan mobil. Padahal mesin mobil matik cukup sensitif. 

Mesin yang belum panas apabila dipaksa melaju akan membuat kerja oli mesin transmisi tidak maksimal. Sehingga akan menimbulkan gesekan yang berat. Apabila dilakukan secara rutin, maka mesin akan cepat rusak dan suhu akan cepat naik dari normal. Cukup lakukan pemanasan mobil antara 5-7 menit agar oli mesin bekerja maksimal sebelum perjalanan jauh.

4.Cek Aki dan Kelistrikan Mobil Matik
 

[foto : www.nissan.co.id]
[foto : www.nissan.co.id]
Hal penting lainnya adalah mengecek aki dan listrik mobil matic anda sebelum perjalanan jauh. Baik dari lampu, audio, sampai indikator-indikator lampu di dalam mobil anda. Mengapa penting? Aki adalah komponen mobil yang menjalankan kelistrikan mobil. Kualitas aki yang bagus menentukan efisiensi penggunaan listrik mobil matik anda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN