Mohon tunggu...
UHAMKA Menyala
UHAMKA Menyala Mohon Tunggu... UHAMKA Menyala

Komunitas di bawah naungan Kemenlitbang BEM UHAMKA yang aktif bergerak di bidang pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Uhamka Menyala Selenggarakan Kegiatan Festival Regional

22 Juni 2021   11:57 Diperbarui: 22 Juni 2021   12:47 355 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Uhamka Menyala Selenggarakan Kegiatan Festival Regional
Kegiatan FAREKALA di Saung Baca Garpu / dokpri

Pengajaran Regional merupakan salah satu program kerja yang ada di UHAMKA Menyala. Program kerja ini menerjunkan para volunteer UHAMKA Menyala ke beberapa lokasi (regional) yang membutuhkan uluran bantuan. Lokasi pengajaran tersebut terbagi menjadi 3 tempat yang berbeda, yaitu Rumah Belajar Cendrawasih, Kranggan, Bekasi; Saung Baca Garpu, Pondok Kelapa, Jakarta Timur; dan Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA), Karet Kuningan, Jakarta Selatan. 

Kegiatan ini telah berlangsung selama beberapa bulan dan rutin dilaksanakan setiap akhir pekan. Selain materi sekolah, para volunteer UHAMKA Menyala juga memberikan beberapa pengetahuan non-formal, seperti pengenalan profesi, keterampilan dan kerajinan, kegiatan lingkungan, dan sebagainya.

Sabtu, 5 Juni 2021 lalu, UHAMKA Menyala mengadakan kegiatan Festival Regional UHAMKA Menyala (FAREKALA) sebagai acara puncak dari kegiatan Pengajaran Regional dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan FAREKALA dilaksanakan untuk memperingati Hari Lahir Pancasila dengan mengusung tema "Semangat Belajar Sebagai Bentuk Juang Pahlawan Pancasila." 

Kegiatan ini dilaksanakan serentak di 3 rumah belajar yang telah disebutkan tadi dan terdiri dari beberapa perlombaan, yaitu lomba membaca puisi, lomba menggambar dan mewarnai, lomba bercerita, lomba cerdas cermat, dan lomba menyanyikan lagu Garuda Pancasila. Lomba-lomba tersebut tentu saja maknanya tidak jauh dari kepancasilaan dan mengedukasi adik-adik untuk lebih menghargai kemerdekaan yang telah dimenangkan oleh pahlawan terdahulu.

Kegiatan FAREKALA diawali oleh pembukaan yang berisikan sambutan-sambutan dari pihak rumah belajar dan UHAMKA Menyala. Kedua belah pihak tersebut menyambut baik kegiatan ini dan diharapkan dapat bermanfaat, khususnya bagi adik-adik di ketiga rumah belajar tersebut.

Kegiatan FAREKALA di SAAJA / dokpri
Kegiatan FAREKALA di SAAJA / dokpri

Sebelum memulai perlombaan, para volunteer UHAMKA Menyala melakukan ice breaking agar adik-adik tambah semangat. Kegiatan perlombaan ini berlangsung serentak selama kurang lebih 2 jam. Lomba diawali dengan lomba membaca puisi, lomba menggambar dan mewarnai, lomba bercerita, lomba menyanyikan lagu Garuda Pancasila, dan lomba cerdas cermat.

Kegiatan FAREKALA di Rumah Belajar Cendrawasih / dokpri
Kegiatan FAREKALA di Rumah Belajar Cendrawasih / dokpri

Khusus di SAAJA, para volunteer diminta untuk memberikan kegiatan tambahan terkait Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Kegiatan ini berisikan edukasi terkait pentingnya menjaga lingkungan sekitar. Adik-adik di SAAJA juga diminta untuk melakukan operasi semut, yaitu mengumpulkan sampah berdasarkan jenisnya (organik dan non-organik).

Kegiatan Hari Lingkungan Hidup di SAAJA / dokpri
Kegiatan Hari Lingkungan Hidup di SAAJA / dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN