Mohon tunggu...
UCI INDRIANI
UCI INDRIANI Mohon Tunggu... tanggungan tugas

tanggungan tugas yang harus diselesaikan

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Ajarkan Sentuhan pada Anak

4 April 2019   20:00 Diperbarui: 4 April 2019   20:06 0 9 1 Mohon Tunggu...
Ajarkan Sentuhan pada Anak
Sentuhan adalah bentuk komunikasi manusia yang paling dasar. Bahasa yang paling intim antar insan manusia. Tapi bagaimana dengan sentuhan pada anak,? ada beberapa area tertentu yang hanya boleh disentuh oleh anak, orang tua dan orang lain. Orang tua perlu memberikan penegertian sentuhan itu apa dan bagaimana kepada anak, agar anak mengerti apa saja batasan-batasan yang hanya boleh disentu oleh anak dan orang tua ataupun orang lain. Karena orang tua yang mengajarkan anak tentang sentuhan bisa juga mencegah pelecehan seksual pada anak. Orang tua dapat mengajarkan anak tentang sentuhan melalui kegiatan yang mereka senang seperti bernyanyi dan bermain. Seperti lagu ciptaan dari Ibu Elly Risma, Psi. lagu mengenal sentuhan Sentuhan boleh,2x, kepala, tangan, kaki, karena sayang, karena sayang, karena sayaaang Sentuhan tidak boleh 2x yang tertutup baju dalam, hanya diriku yang boleh menyentuh Sentuhan boleh 2x, kepala, tanggan, kaki, karena sayang, karena sayang, karena sayang Sentuhan tidak boleh yang tertutup baju dalam, katakan

Sentuhan adalah bentuk komunikasi manusia yang paling dasar. Bahasa yang paling intim antar insan manusia. Tapi bagaimana dengan sentuhan pada anak,? ada beberapa area tertentu yang hanya boleh disentuh oleh anak, orangtua dan orang lain. 

Orangtua perlu memberikan penegertian sentuhan itu apa dan bagaimana kepada anak, agar anak mengerti apa saja batasan-batasan yang hanya boleh disentuh oleh anak dan orangtua ataupun orang lain. Karena orangtua yang mengajarkan anak tentang sentuhan bisa juga mencegah pelecehan seksual pada anak. pentingnya ajaran untuk mengenal sentuhan ini akan berdampak kepada setiap individu anak. baik itu didalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar anak.

Orangtua dapat mengajarkan anak tentang sentuhan melalui kegiatan yang mereka senang seperti bernyanyi dan bermain.

Seperti lagu ciptaan dari Ibu Elly Risma, Psi. lagu mengenal sentuhan.

Sentuhan boleh,2x, kepala, tangan, kaki, karena sayang, karena sayang, karena sayaaang.

Sentuhan tidak boleh 2x yang tertutup baju dalam, hanya diriku yang boleh menyentuh.

Sentuhan boleh 2x, kepala, tanggan, kaki, karena sayang, karena sayang, karena sayang.

Sentuhan tidak boleh yang tertutup baju dalam, katakan "tidak boleh" , lebih baik menghindar bilang ayah ibu

Lagu ini mengajarkan anak untuk mengenal sentuhan- sentuhan apa saja yang boleh dan tidak boleh disentuh oleh  orang lain. Sentuhan yang boleh disentuh orang lain seperti kepala, tangan dan kaki sedangkan bagian-bagian yang tidak diperbolehkan seperti bagian yang tertutup baju dalam, misalnya; kemaluan. lagu ini juga mengajarkan anak untuk menonolak apabila anak disentuh, dan mengajarkan menghindar dan lapor ayah ibu apabila ada bagian dari anggota badan mereka yang disentuh selain (kepala, tangan, kaki)

Dengan diajarkannya sentuhan pada anak, anak dapat terhindar dari pelecehan seksual. Dengan mengajarkan lagu ini juga lah perkembangan kognitif anak berkembang, anak dapat mencoba memahami atau mengetahui hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Ayo bunda terapkan lagu ini kepada anak-anak agar mereka mengerti batasan apa saja pada tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain selain dirinya sendiri. Karena sebaik-baiknya ajaran adalah ajaran orangtua dan contoh dari orangtua.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x