Mohon tunggu...
Tyas Poliyama
Tyas Poliyama Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 3 Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Pesona Alam yang Memukau dan Sunrise di Bromo

28 November 2023   20:38 Diperbarui: 28 November 2023   20:42 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gunung Bromo merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, Indonesia. Dengan ketinggian sekitar 2.329 meter di atas permukaan laut, Bromo adalah salah satu gunung berapi paling terkenal di Indonesia. Daerah sekitarnya juga dikenal dengan pesona alamnya, seperti lautan pasir dan kawah gunung yang aktif.

Gunung Bromo memiliki nilai budaya yang tinggi karena dihuni oleh masyarakat Tengger, yang menjalankan tradisi unik seperti upacara Kasada. Selain itu, pesona sunrise di Gunung Bromo, terutama dari puncak Penanjakan, menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan.

Bagi yang tertarik dengan hiking, mendaki Gunung Bromo dan gunung sekitarnya, seperti Gunung Batok dan Gunung Semeru (puncak tertinggi di Pulau Jawa), adalah pengalaman mendebarkan. Selain itu, adanya kawah aktif dengan asap putih yang keluar secara teratur menambah daya tarik dan keunikan Gunung Bromo sebagai destinasi wisata alam.

Gunung Bromo: Keajaiban Alam dan Kearifan Lokal di Jawa Timur, Indonesia

Gunung Bromo, yang terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, Indonesia, adalah salah satu keajaiban alam yang menakjubkan di negeri ini. 

Dengan ketinggian sekitar 2.329 meter di atas permukaan laut, gunung berapi ini tidak hanya menarik para pendaki dan pencinta alam, tetapi juga menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat lokal, terutama suku Tengger.

Gunung Bromo memiliki sejarah geologi yang kaya. Merupakan bagian dari cincin api Pasifik, daerah ini sering mengalami aktivitas seismik dan letusan gunung berapi. 

Bromo sendiri adalah salah satu dari beberapa kawah gunung berapi yang dapat diakses di dunia. Selain Bromo, dalam kompleks ini terdapat Gunung Batok dan Gunung Semeru, puncak tertinggi di Pulau Jawa. Adapun

Suku Tengger, yang mendiami kawasan sekitar Gunung Bromo, memiliki budaya dan tradisi yang unik. Upacara Kasada adalah salah satu tradisi paling terkenal di sini. 

Setiap tahun, pada bulan purnama, masyarakat Tengger berkumpul di kawah Bromo untuk mempersembahkan hasil bumi kepada Sang Hyang Widhi, roh gunung. Upacara ini mencerminkan harmoni antara manusia dan alam, serta kepercayaan spiritual yang mendalam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun