Mohon tunggu...
Tya Iantrianti
Tya Iantrianti Mohon Tunggu... Guru - guru

shooping

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penggunaan Model PMRI pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMP Shidqia Islamic School

7 Oktober 2022   21:39 Diperbarui: 7 Oktober 2022   22:56 425
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI SISTEM PERSAMAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMP SHIDQIA ISLAMIC SCHOOL

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi secara cepat sangat berpengaruh besar dengan sistem pendidikan di Indonesia. Demikian pula perhatian pemerintah terhadap peningkatan mutu pendidikan pun sangat besar. Sejalan dengan kemajuan tersebut membawa pengaruh di sekolah-sekolah, terutama bidang kurikulum, penilaian pendidikan, metode, strategi, dan media atau sarana pengajaran. Strategi pengajaran tersebut merupakan salah satu dari komponen pengajaran yang mendukung keberhasilan dalam proses belajar mengajar, karena merupakan komponen pengajaran yang berpengaruh pada proses belajar mengajar dan saling mendukung dalam rangka mencapai tujuan.

Pendidikan merupakan suatu hal penting bagi kemajuan suatu negara. Hal ini dilakukan dalam rangka ingin mencerdaskan kehidupan bangsa, terlepas dari polemik masalah kurikulum yang ada. Kurikulum yang diterapkan sekarang ini adalah kurikulum 2013 atau kurikulum nasional, yang diharapkan kurikulum berbasis saintifik ini dapat lebih mengembangkan kreativitas belajar siswa dalam berpikir logis, kritis, kreatif, dan penguasaan konsep matematika sehingga memacu siswa dalam memahami bahasa komunikasi matematis sehingga dapat memecahkan permasalahan matematika dalam bentuk permasalahan yang berbenbtuk simbol -- simbol bahasa matematika.

Polemik Sering berubahnya kurikulum di Indonesia dalam dunia pendidikan membuat guru dan siswa harus bisa dengan cepat menyesuaikan. Polemik terbaru yang dihadapi dunia bahkan Indonesia dalam dunia pendidikan adalah terkait dengan adanya pandemik covid-19 yang menyerang dunia pendidikan. Selama hampir dua tahun sekolah hanya sebatas daring yang menimbulkan polemik baru dalam hal pencapaian target kurikulum pendidikan. Masa pandemik covid -- 19 ini kurikulum Indonsesia membuat jam belajar hanya 50 persen dari normal, dengan demikian itu membuat setiap guru harus memberikan solusi agar capaian kurikulum tetap maksimal. Langkah pemerintah kepada guru disosialisasikan untuk memakai silabus essensial darurat covid - 19.

Matematika menjadi salah satu pembelajaran yang membutuhkan waktu yang cukup banyak dalam pembelajrannya, namun dengan kondisi darurat covid -- 19 membuat sebagian guru harus bisa memilih materi -- materi yang penting disampaikan kepada peserta didik. Disinilah guru dituntut pandai membaca situasi dan membuat silabus essensial darurat covid sesuai arahan kementrian pendidikan. Adapun tujuan umum pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah memberikan penekanan pada penataan nalar dan pembentukan sikap siswa serta memberikan penekanan pada keterampilan dalam penerapan matematika, baik dalam kehidupan sehari -- hari maupun untuk mempelajari ilmu pengetahuan lainnya. Matematika merupakan ratu dari semua perkembangan ilmu, karena itulah matematika selalu diterapkan dalam setiap jenjang pendidikan baik bidang eksak maupun non eksak.

Matematika merupakan bidang ilmu yang sering kali dianggap sulit bagi kebanyakan siswa. efek negatif dari hal tersebut adalah ada banyak siswa yang sudah merasa antipati pada matematika sebelum mereka benar -- benar mempelajari matematika. Pada akhirnya akan tertanam pada diri siswa bahwa pembelajaran matematika itu sulit. Dalam hal ini menimbulkan kurang tertariknya siswa dalam mempelajari matematika dan hal lain yang membuat siswa malas mempelajari matematika adalah kurangnya pengetahuan tentang manfaat materi mempelajari matematika dalam apliksinya kedalam kehidupan sehari -- hari.

Matematika diakui sebagian siswa sangatlah penting, namun sebagian dari siswa seringkali mengalami kesulitan dalam pembelajarannya terutama mengaitkan antara bahasa komunikasi matematika dengan pemecahan masalah tersebut yang membuat siswa seringkali mengalami kesulitan. Kemampuan komunikasi matematika merupakan salah satu kemampuan dasar yang sangat penting untuk dimiliki siswa dan pendidik dalam kegiatan belajar mengajar..

Mempelajari matematika dengan cara mengaplikasikan kedalam kehidupan sehari -- hari merupakan salah salah satu cara termudah yang bisa dilakukan oleh peserta didik. Pengaplikasian ilmu matematika secara langsung dalam pembelajaran matematika membuat matematika lebih menarik dipelajari. Salah satu contoh pembelajaran matematika yang diaplikasikan kedalam kehidupan sehari- hari adalah sistem persamaan linear dua variabel. Mengaitkan sistem persamaan linear dua variabel dalam kehidupan sehari -- hari menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI).

Permasalahan mengenai kesulitan pembelajaran matematika dialami sebagian peserta didik SMP Shidiqa Islamic School Bekasi. Hal ini ditinjau dari siswa ketika menyelesaiakn permasalahan yang berkaitan dengan rumus dan soal -- soal terkait materi matematika. Pembelajaran yang dikembangkan harusnya bisa membuat materi diaplikasikan langsung dalam kehidupan sehari -- hari. Pembelajaran yang tepat mengenai hal ini adalah menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI). PMRI merupakan salah satu dari sekian banyak pembelajaran matematika yang mengungkapkan dan kejadian dekat dengan peserta didik sebagai sarana untuk memudahkan persoalan matematika apalagi pada masa pandemik covid-19 ini.

PMRI adalah salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang mencoba menggunakan pengalaman dan lingkungan siswa sebagai alat bantu mengajar primer. Selain itu, PMRI adalah teori pembelajaran yang telah dikembangkan khusus untuk matematika. Konsep matematika realistik tersebut sejalan dengan kebutuhan untuk memperbaiki pendidikan matematika di Indonesia khususnya di SMP Shidqia Islamic School guna meningkatkan pemahaman siswa tentang matematika serta mengembangkan daya nalar.

Materi yang diterapkan dengan metode PMRI di SMP Shidqia Islamic School ini adalah pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). SPLDV yang dipelajari yaitu dengan mengaitkan sejumlah soal SPLDV dengan kaitannya langsung dengan aktivitas dalam kehidupan sehari -- hari. Dengan hal seperti ini memudahkan siswa cepat memahami materi SPLDV. Sebagai tugas dan evaluasi bab SPLDV siswa diberikan tugas pembuatan video mencari satu soal masalah terkait pemecahan masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun