Mohon tunggu...
Twenty Hidayat
Twenty Hidayat Mohon Tunggu... Guru - Hidayat Twenty

Chioza lush

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bahasa Gaul Lebih Menarik dari Bahasa Jawa Ragam Krama untuk Siswa

1 Desember 2021   23:35 Diperbarui: 2 Desember 2021   00:17 141 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Di era jaman sudah semakin canggih, banyak sekali bahasa-bahasa yang tidak sesuai dengan unggah-ungguh (tata krama) khususnya di daerah jawa yang menggunakan bahasa jawa ragam krama. didalam bahasa jawa jika seorang siswa berbicara dengan seorang guru harus menggunakan ragam bahasa jawa krama. 

Banyak yang sudah tidak mengenal bahasa krama, bahkan ada yang sudah tau akan tetapi untuk mengungkapkanya langsung mereka masih ragu-ragu, bahkan takut karena salah dalam mengucapkannya. mereka lebih banyak menggunakan bahasa indonesia dalam berbicara dengan guru.

Sekarang siswa lebih mudah mengucapkan bahasa yang kurang tepat, seperti yang mereka sebut bahasa gaul. mereka lebih percaya diri dalam menggunakan bahasa tersebut, padahal sangat tidak pantas jika diucapkan saat berbicara dengan guru. 

Faktor utama yang membuat siswa seperti itu adalah pengaruh gadget, dalam berkomunikasi mereka seringnya menggunakan bahasa gaul tersebut. mereka lebih mudah menghafal bahasa-bahasa gaul tersebut daripada menggunakan bahasa ragam krama.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan