Mohon tunggu...
Tu Yuda
Tu Yuda Mohon Tunggu... Petani - Belajar adalah sebuah proses perjalanan

ijinkan saya untuk belajar dan jangan lupa dipandu demi kebaikan bersama

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Apa Manfaat Jeda Sejenak dari Rutinitas? Apakah Memberi Sebuah Manfaat?

20 Juli 2022   20:42 Diperbarui: 20 Juli 2022   20:51 282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Pexels / 9143 images/pixabay.com 

Kapan sebuah jeda, kita perlukan ?


Hai
Mengapa tiba- tiba diam ?

Seolah itu tergambar ketika beberapa hari belakangan ini, saya tidak menulis. Adahal yang kurang, namun pilihan dari kata kewajiban melaksanakan tugas memang seharusnya untuk saya kerjakan.

Bagi saya, ini tidak mudah. Keinginan untuk berbagi informasi, terbayang- bayang dalam pikiran. Lantas, mengapa saya tidak menulis ? Pertanyaan itulah yang akhirnya terjawab selama hampir 4 hari belakangan ini.

Mungkin saya boleh mengatakan, iya ada sedikit jeda tapi bukan menunda untuk saya lakukan sejenak. Ada rasa takut ketika semuanya harus dipaksakan, sementara keyakinan belum saya dapatkan. Bukan juga soal ragu, namun hanya memilih untuk jeda sejenak.

Alih- alih untuk terlihat produktif namun kenyataan pilihan jeda sejenak memang harus kita lakukan, mengapa tidak. Dan ternyata, apa yang kita dapatkan dari memilih jeda sebelum kembali menyapa lembar kaca ditemani papan ketik dan secangkir kopi malam ini.

Rutinitas yang begitu menguras banyak tenaga dan bahkan memicu stres yang tidak mampu dikontrol, pilihan jeda bagi saya tepat untuk diambil dengan pertimbangan dan kiranya bermanfaat.

Jeda memberi sebuah manfaat bagi kita dalam menyikapi beragam bentuk persoalan, kewajiban dan menghindari dampak buruk fisik serta mental. Beberapa manfaat jeda itu diantaranya :

Turunnya emosi yang negatif.

Ketika fisik lelah dan melemah oleh adanya rutinitas atau bagian dari kewajiban yang tidak bisa dialihkan lagi. Keputusan untuk jeda sejenak memang tepat agar kita mampu mengembalikan emosi ke arah positif. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun