Mohon tunggu...
Tu Yuda
Tu Yuda Mohon Tunggu... Petani - Belajar adalah sebuah proses perjalanan

ijinkan saya untuk belajar dan jangan lupa dipandu demi kebaikan bersama

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Ketika Masa Lalu, Memberikan Jalan Menuju Kedamaian

1 April 2022   07:09 Diperbarui: 1 April 2022   07:12 81 13 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://pixabay.com/id/users/niekverlaan-80788/

Jika kita membahas soal masa lalu dalam hidup, semua orang pasti pernah merasakan yang namanya pahit ataupun getir dalam hidup, apa lagi tentang hal-hal indah yang pernah di lewati, tentu akan menjadi kenangan indah yang akan membekas dalam ingatan, dengan jangka waktu yang panjang.

Sebanyak apapun yang telah terlewati dalam proses hidup, banyak kegagalan-kegalan yang kita alami , dengan cara  menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang kita buat, mungkin saja itu hal yang sia-sia, sebab kita tidak  dapat mengubahnya kembali untuk sekedar mengulang sesuatu yang terjadi semenit yang lalu dalam hidup. 

Untuk itu , ada baiknya kita belajar dari pengalaman oranglain, sebagai acuan agar kita  tidak mengulanginya di masa depan.

Bagaimana kalau kita mencoba mengingat-ingat kembali sesuatu yang dulu dan kita mencoba mendapatkan sebuah pembelajaran tentang kesalahan masa lalu dan kembali menyesalinya, justru itu menjadi sebuah penyebab stres, kemarahan, dan depresi. Sebaiknya kita lanjutkan saja soal bagaimana kita mencoba untuk menghindarkan diri dari membuat kesalahan yang sama. 

Upayakan untuk lupakan hal-hal tersebut agar tidak menjadi beban dalam melangkah.

Soal perjalanan hidup yang penuh lika-liku dan beragam drama yang terjadi di dalamnya Bagaimana mereka yang dulu pernah hadir dalam hidup kemudian terbayang-bayang untuk melangkah kearah lebih baik, cobalah untuk menutupnya rapat-rapat dalam pikiran tentang apa yang telah mereka lakukan terhadap kita.

Fokus adalah kunci selanjutnya agar  bagaimana kita mendapatkan petualangan atau  pengalaman yang akan  diselamatkan oleh waktu yang tepat. Lakukan pendekatan dengan orang-orang baik yang telah kita kenali. Tapi ingatlah bahwa , menentukan sebuah pilihan sebaiknya sebijak mungkin. 

Sebab orang-orang yang dekat dengan kita adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan, dan sudah pasti sebelum  mendapatkan yang terbaik tidak mungkin kita melewatkan untuk mengalami hal yang buruk.

Dengan menatap apa yang telah dilalui sebelumnya, kita akan diarahkan  untuk  bisa lebih berdamai dengan masa lalu dengan cara  bersyukur. Dengan bersyukur kita akan ditolong oleh kebaikan sebagai penenang dalam menjalani kehidupan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan