Mohon tunggu...
Syafiatuddiniah (Tuty Queen)
Syafiatuddiniah (Tuty Queen) Mohon Tunggu... Freelancer - Virtual Assistant | Founder Canva Creative Class | Kreator Pinterest Indonesia

Helo! Panggil saya Tuty. Biar semakin dekat ikuti sosial media dan blog saya yuk. Instagram: @tutyqueen @canvacreativeclass Twitter: @tuty_utut Blog: www.tutyqueen.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Gen Kreatif dan Potensi Desa Menjadi Desa Wisata

6 November 2022   17:36 Diperbarui: 6 November 2022   17:39 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kebun Teh Rancabali, Ciwidey (dokumen pribadi) 

Wisata merupakan suatu kata yang memiliki definisi yang cukup luas dalam memaknainya. Ketika menyebut wisata dengan arti sempit, maka wisata tak memiliki cakupan luas untuk lebih mendalami bagian-bagian yang membentuknya. Apalagi jika disandingkan dengan kata pariwisata. Bahkan lebih luas lagi makna dan cakupannya. Maka itu saya ingin menyederhanakan saja apa itu wisata.

Kalau dengar kata wisata yang ada didalam pikiran kita adalah jalan-jalan bersama dan pastinya akan bersenang-senang. Wisata nya kemana? Wisata sudah pasti punya destinasi atau tujuan. 

Sampai disini makna wisata memiliki definisi semakin luas. Banyak tujuan wisata khususnya Indonesia yang memiliki banyak daerah dengan keunikannya masing-masing. Tinggal pilih mau wisata ke daerah pegunungan, pantai, hutan, taman, tempat bersejarah, dan masih banyak lagi. 

Desa Wisata

Desa wisata semakin banyak diminati. Karena banyak desa-desa yang memiliki daya tarik tersendiri dengan fasilitas yang mendukung, akomodasi, kuliner, juga berbagai atraksi. Keunikan konsep tempat tinggal atau akomodasi terkadang justru menjadi daya tarik tersendiri. Konsep tempat tinggal berbentuk camp atau hanya memakai tenda di alam terbuka, atau konsep tempat tinggal yang langsung merasakan bagaimana tinggal di rumah penduduk di desa yang dikunjungi. 

Saat ini banyak juga komunitas motor mengadakan touring bersama ke beberapa lokasi desa wisata. Tentunya desa wisata ramah berkendara, dimana infrastruktur nya sudah mendukung kendaraan seperti motor. Misalnya jalan sudah beraspal, sudah memiliki penerangan yang layak agar bisa dilintasi, tersedia pom bensin, juga bengkel otomotif.  Dengan begitu para pengunjung yang datang dengan mengendarai mobil dan motor tetap merasa nyaman jika kendaraan yang mereka tumpangi memerlukan perbaikan kalau ada masalah kerusakan dan jika butuh mengisi kembali bahan bakar. 

Beberapa desa wisata ramah berkendara yang cukup diminati seperti Desa Wisata Karanganyar yang baru saja diresmikan oleh Adira Finance pertengahan Oktober 2022 sekaligus dikemas dengan Festival Kreatif Lokal 2022. Kemudian ada Desa Wisata Alamendah, dan beberapa desa lainnya. Semoga saja masih banyak desa wisata lainnya yang ramah berkendara. 

Sumber Daya Desa Wisata

Sumber daya yang dimiliki desa-desa di Indonesia sangat beragam. Setiap daerah memiliki keunggulannya sendiri. Berikut ini beberapa sumber daya desa yang menjadi titik tolak desa wisata bertumbuh dan berkembang.

1. SDM adalah Sumber Daya Manusianya. Dimulai dari anak-anak muda yang diberdayakan sampai orang tua yang juga sangat besar potensinya menjadi kesatuan utuh sumber daya manusia yang saling bekerja sama dalam membangun desa.

2. SDA adalah Sumber Daya Alam yang dimiliki desa. Banyak keunikan yang bisa diangkat sebagai keunggulan alam yang dijadikan ciri dan keunggulan desa wisata.

3. SD Budaya adalah Sumber Daya Budaya misalnya dengan mengadakan Festival Kreatif Lokal atau tradisi masyarakat. Sumber daya kebudayaan yang ada bisa jadi sumber keunggulan yang dapat menarik minat berkunjungnya orang-orang diluar geologi desa.

4. SD Finansial adalah Sumber Daya Finansial seperti Bank Desa / KUD. Sumber daya finansial yang dikelola dengan baik melalui Bank Desa maupun usaha-usaha desa lainnya seperti KUD juga merupakan aset desa yang paling berpengaruh menumbuhkan usaha kreatif desa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun