Mohon tunggu...
Tunggal Adi Ariyadi
Tunggal Adi Ariyadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Univet Bantara Sukoharjo

Stay Hungry, Stay Foolish || Industrial Engineering || Peracik Nada

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pemberdayaan UMKM dengan Cara Membuatkan Media Promosi Online

30 September 2021   22:40 Diperbarui: 30 September 2021   22:50 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
UMKM di Semanggi Pasar Kliwon Solo

Tunggal Adi Ariyadi, merupakan salah satu mahasiswa KKN Univet Bantara Sukoharjo prodi Teknik Industri. 

Pada tanggal 19/9/2021, saya melakukan kunjungan ke beberapa UMKM yang ada di kampung saya yaitu Semanggi Pasar Kliwon Solo.

Di kampung saya ada banyak UMKM kain konveksi. Barang yang sudah jadi biasanya dijual ke Pasar Klewer. Sebelum pandemi covid-19 penjualan selalu laku keras. Namun perjalanan bisnis terkadang tidak bisa mulus. Di masa pandemi seperti ini tentunya sudah menjadi rahasia umum bahwa ekonomi melemah dan banyak usaha yang gulung tikar karena sepi.

Selama ini UMKM setempat hanya mengandalkan untuk menjual langsung ke Pasar Klewer Klewer saja. Berangkat dari hal ini, saya sebagai mahasiswa KKN berkesempatan memberikan pengarahan dan edukasi.

Edukasi dan pemberdayaan UMKM tersebut terkait soal cara-cara penjualan yang kreatif. Disini saya menjelaskan bahwa jualan tidak  hanya "jumpa darat" , namun bisa juga dipasarkan secara online.

Saya berinisiatif membuatkan akun sosial media untuk berjualan. Selain itu saya juga ikut membuat foto produk agar konsumen tertarik.

Dengan pemberdayaan UMKM seperti ini, saya berharap masyarakat setempat bisa lebih kreatif dan tetap semangat untuk berjualan baik secara langsung ataupun lewat pemasaran online.

Tetap Semangat!!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun