Mohon tunggu...
Tumpal Sihombing
Tumpal Sihombing Mohon Tunggu... -

CEO BondRI\r\nBonds Strategist

Selanjutnya

Tutup

Manajemen

Potential Loss Bukan Kebocoran

30 Juni 2014   07:31 Diperbarui: 18 Juni 2015   08:13 250 0 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kebocoran kekayaan negara (jika ada/banyak), solusi yang efektif dan praktisnya hanya ada dalam program ekonomi Jokowi-JK.

Kebocoran tidak sama dengan potential loss.

Kebocoran adalah suatu kerugian akibat praktek ekonomi biaya tinggi. Potential loss adalah kerugian yang belum terealisir. Ini adalah dua akun yang berbeda. Namun terlepas dari hal tersebut, kebocoran hanya dapat diatasi oleh manusia sebagai pelaku dan pengawasnya. Kebocoran tidak dapat diatasi oleh ketentuan/kebijakan yang bagus tanpa dibarengi dengan kualitas dan integritas SDM yang memadai.

Selama 10 tahun terakhir, fokus dan prioritas pembangunan ekonomi sangat gencar di pengembangan kelembagaan dan pengadaan infrastruktur. Secara sistem, kegiatan pengembangan kelembagaan dan pengadaan infrastruktur yang tidak dibarengi dengan SDM berkualitas/berintegritas hanya mengakibatkan celah dan peluang praktek korupsi semakin membesar, menjamur dan merajalela. Gamblangnya, mobil bagus, mesin kuat, tanki penuh namun tanpa supir terlatih dan hati-hati tentu akan menuju kecelakaan. Inilah tata-ekonomi yang telah diterapkan selama 10 tahun belakangan. Jika pola kebijakan ekonomi dan praktek yang identik berlanjut, maka kerugian(baik kebocoran(if any) dan potential loss) pasti terus bertambah.

Kebocoran kekayaan negara (jika ada/banyak), solusi yang efektif dan praktisnya hanya ada dalam program ekonomi Jokowi-JK.

Mohon tunggu...

Lihat Manajemen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan