Mohon tunggu...
nicolaus prama
nicolaus prama Mohon Tunggu...

Seorang laki-laki yang bertindak adanya

Selanjutnya

Tutup

Media

Saatnya Menjadi Pengguna yang Cerdas

27 Februari 2013   20:01 Diperbarui: 24 Juni 2015   17:35 135 0 0 Mohon Tunggu...

Pernahkah anda menggunakan internet namun tidak mengakses portal-portal online yang menyajikan informasi yang menggiurkan? Portal online, dengan dasar media cetak / televisi ataupun berita online selalu menarik minat pengguna internet untuk menilik informasi di dalamnya. Namun, apakah harus semua portal online itu kita akses? Ada beberapa perbedaan portal online dengan portal berita online yang harus anda sadari. Sehingga anda dapat mendapatkan berita dengan cepat di waktu yang tepat. Saya menggunakan majalah.tempo.co dengan detik.com sebagai perbandingan.

Konten

Jangan remehkan portal berita online! Meski banyak artikel tidak terlalu panjang, namun anda akan menemukan beberapa artikel dengan topik yang sama.Dengan penulisan yang benar, sangat menyenangkan untuk memilih berita pada detik.com. Berbeda dengan majalah.tempo.co anda akan mendapati berita yang sudah dalam, naumn untuk mengaksesnya anda perlu mendaftar terlebih dahulu. Dan karena berbasis media cetak, maka wajar bila hanya memiliki beberapa topik.

User Interface

Inilah keunggulan portal beritta online, dengan modal citizen journalism, akan ada banyak pengguna web yang ikut serta dalam membangun opini mengenai topik tertentu. Berbeda dengan portal online, tidak mudah menemukan tanggapan pengguna terhadap topik yang telah diposting, karena membutuhkan login sehingga tidak mengganggu mata anda dengan opini yang berlebihan.

Fitur Audio/Video

Dalam portal berita online (detik.com) anda dengan mudah akan menemukan banyak posting berita berbentuk video ataupun audio. Bahkan tak hanya berbentuk berita, namun bisa hanya berupa opini, iklan, bahkan video klip! Sedangkan dalam portal online majalah.tempo.co, karena berbasis pada media cetak, tak usah bersusah-susah mencari tautan video ataupun audio pada webnya, karena hanya tersedia terbatas.

Penilaian lain secara fungsional dan kemudahan mengakses tidak banyak berbeda antara portal online dengan portal berita online, karena memang mereka berusaha menyajikan informasi dengan cara yang sama : menggunakan internet.

Setelah mengetahui perbedaan portal berita online dengan portal online, apa yang bisa anda lakukan? Kini saatnya anda selektif dalam mengakses, bila anda adalah seorang yang sibuk dan membutuhkan berita terkini, disarankan untuk mengakses portal berita online. Tetapi bila anda hanya mengejar kedalaman dan mencari hasil akhir, portal online adalah pilihan yang tepat. Dengan mengakses portal online anda dapat membuat keputusan untuk mengakses media cetak / televisi terkait atau ridak, sebagai refrensi anda. Kini dengan kemudahan akses internet yang semudah membalikkan telapak tangan, saatnya anda bertindak sebagai pengguna yang aktif dan cerdas.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x