Mohon tunggu...
Tsastyani Dipananda
Tsastyani Dipananda Mohon Tunggu... Murid SMAN 28 Jakarta

Tsastyani Dipananda (34) - XI MIPA 3 - SMAN 28 Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Catatan Kurang Menarik sehingga Minat Belajar Menurun? Ada Solusinya!

2 Agustus 2020   19:23 Diperbarui: 2 Agustus 2020   21:58 160 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Catatan Kurang Menarik sehingga Minat Belajar Menurun? Ada Solusinya!
via glitzmedia.co

Saat masa-masa Belajar Dari Rumah ini tentunya kita mendapat banyak tugas dan materi-materi yang dsajikan secara daring bukan? Dengan situasi yang tidak biasa tentunya kita harus bisa beradaptasi dan memaksimalkan usaha kita agar tetap mendapat manfaat belajar yang sama dengan saat kita belajar secara normal di sekolah. 

Nah, dengan banyaknya materi yang diberikan tentu kita ingin mencatatnya kan agar bisa dibaca ulang? Apalagi dengan minimnya buku cetak, catatan di buku tulis akan menjadi pedoman belajar kita kedepannya. 

Namun, jenuh rasanya melihat buku tulis yang hanya hitam putih dan dipenuhi berbagai kalimat-kalimat panjang. Belum lagi saat mencatat materi membuat tangan pegal. 

Loh? Memangnya ada solusinya? Tentu saja! Sekarang ini sudah banyak trend untuk membuat catatan yang cantik agar meningkatkan semangat belajar kita saat me-review ulang materi. Bagaimana sih cara membuat catatan cantik itu? Yuk, mari kita bahas!

1. Gunakan teknik lettering pada judul atau sub-judul.

via amazingputri.com
via amazingputri.com

Apa sih lettering itu? Lettering adalah seni mempercantik huruf atau angka yang ditulis dengan menonjolkan sisi-sisi artistiknya. Biasanya lettering dibuat dengan meliuk-liukan tulisan supaya cantik dan enak dipandang. 

Lettering ini adalah salah satu teknik dasar yang sering sekali digunakan komunitas studyblr (komunitas orang-orang yang gemar membuat catatan cantik) dalam catatan mereka. Tentu saja untuk bisa terbiasa dengan lettering ini diperlukan latihan rutin, namun tidak ada salahnya mencoba. Lama-lama pasti akan terbiasa.

2. Buatlah rangkuman dengan singkat berupa poin-poin.

via technosiaid.blogspot.com
via technosiaid.blogspot.com
Jangan membuat rangkuman yang terlalu panjang karena kita akan bosan duluan saat menulis apalagi saat membaca ulang catatan tersebut. Biasakanlah membuat catatan yang singkat dan mudah dihapal. 

Salah satu cara yang sering digunakan oleh orang-orang adalah mind-map. Mind-map membantu kita memahami konsep tanpa memakan waktu yang panjang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x