Mohon tunggu...
Tsaniya Indah Sari
Tsaniya Indah Sari Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA UPI 2018 PENDIDIKAN EKONOMI

TETAP JAGA IMAN, IMUN DAN AMAN

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

KKN Tematik UPI 2021: LANGKAH AWAL AKM di SDN Grogol 1

2 Oktober 2021   01:38 Diperbarui: 2 Oktober 2021   01:50 461
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: LANGKAH AWAL AKM di SDN Grogol 1

AKM(ASSESSMEN KOMPETENSI MINIMUM) merupakan salah satu program dalam upaya perbaikan kualitas pembelajaran yang tidak lepas dari kontribusi para peserta didik, guru, sumber pembelajaran serta strategi pembelajaran yang diterapkan. Untuk itu kita perlu melakukan upaya-upaya penataan, salah satunya yaitu dengan merdeka belajar dimana ini menjadi kebijakan besar dalam rangka mewujudkan transformasi pengelolaan Pendidikan.

Soal-soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ini terdiri dari dua bagian, yaitu assesmen pada kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi membaca) dan asesmen kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi).

Literasi membaca ini adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan bentuk-bentuk teks tertulis yang dibutuhkan oleh masyarakat dan dihargai oleh individu. Pembaca dapat membangun makna dari teks dalam berbagai bentuk.

Sementara itu untuk konteks numerasi, juga ada konteks personal yang berfokus pada aktivitas seseorang, keluarganya, atau kelompoknya. Kemudian konteks sosial budaya yang berkaitan dengan masalah komunitas atau masyarakat, baik itu lokal atau daerah, nasional, maupun global.

Program AKM ini sejalan dengan kegiatan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) TEMATIK yang ikut berpartisipasi dalam hal literasi terutama cakupan literasi yang disebutkan diatas seperti literasi baca tulis dan juga literasi numerasi. Sebagai program yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia, kegiatan KKN TEMATIK ini dijadikan sebagai wahana belajar juga sebagai wahana pengabdian mahasiswa kepada masyarakat melalui program-program yang tentunya telah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat pada saat ini.

Dengan harapan melalui kegiatan KKN TEMATIK ini dapat membantu membangun desa serta membantu dalam peningkatan kualitas Pendidikan, dimana mahasiswa dapat berkontribusi secara nyata untuk mengatasi masalah pendidikan dan meningkatan mutu pendidikan dengan bekal yang sudah dipelajari sebelumnya.

KKN TEMATIK saat ini dilakukan disekitar tempat tinggal masing-masing mahasiswa, sebagai salah satu mahasiswa UPI, penulis yaitu Tsaniya Indah Sari dari jurusan Pendidikan Ekonomi pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini penulis melaksanakan sasaran pada Sekolah Dasar (SD) dilingkungan sekitar tempat tinggal yakni SD Grogol 1 Cilegon-Banten.

Sebelum memulai kegiatan sasaran KKN TEMATIK ini penulis berdiskusi dengan guru-guru di SD terlebih kepada guru kelas 2, 4 dan 5 terkait masalah yang dihadapi dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) terutama tentunya mengenai literasi sesuai tema yang di angkat dalam kegiatan KKN berdasarkan informasi yang diperoleh dari hasil diskusi saat ini masih cukup banyak siswa yang masih belum lancar membaca, Kemudian terdapat masalah juga bagi sebagain besar peserta didik yang terkendala keterbatasan gawai, kuota internet dan juga wali siswa yang memang belum pandai dalam menggunakan media pembelajaran daring, kemudian dalam pembelajaran daring ini guru juga sedikit bingung dalam hal penyampaian materi yang menarik dan materi yang dapat membuat peserta didik berfikir kritis meskipun hanya belajar di rumah. Penulis juga ikut berpartisipasi dalam persiapan pelaksanaan Assesment Kompetensi Minimum (AKM) di SD Grogol 1 yang didalamnya mendampingi guru dan siswa mengenai literasi dan juga capaian guru beserta peserta didik dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

KKN Tematik UPI 2021: LANGKAH AWAL AKM di SDN Grogol 1
KKN Tematik UPI 2021: LANGKAH AWAL AKM di SDN Grogol 1

Selain dalam hal peningkatan kualitas Pendidikan AKM ini dapat mengukur 3 instrumen mutu seperti berikut ini.

  • Asesmen Kompetensi Minimum, mengukur literasi membaca dan numerisasi sebagai hasil belajar kognitif.
  • Surveri Karakter, mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) sebagai hasil belajar non-kognitif.
  • Survei Lingkungan Belajar, mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun