Mohon tunggu...
Tsalsabillah
Tsalsabillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa aktif

Biasanya saya mengerjakan tugas, mengikuti beberapa webinar untuk memperluas relasi ketika waktu luang

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Kurma Kaya akan Manfaat

29 November 2022   10:22 Diperbarui: 29 November 2022   10:29 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kurma dengan nama latin Phoenix dactylifera adalah buah kecil dan manis yang sepanjang tahunnya bisa tumbuh kapan saja. Namun, biasanya kurma dipanen pada saat musim dingin. Alasannya, karena kondisi paling segar pada saat musim dingin.

            Adapun jenis-jenis kurma, diantaranya.

  • Ajwa

Bentuk kurma ini bulat dengan tekstur kulit yang halus tetapi mengerut. Rasanya yang tidak terlalu manis seperti kismis dan buahnya tidak begitu lembut. Biasanya kurma ajwa dikonsumsi ketika kulit sudah berwarna coklat kehitaman.

  • Barhi

Memiliki ukuran yang sedang, kulit tipis dan tekstur yang lembut dan lunak. Barhi yang sudah matang sempurna memiliki tekstur dan rasa seperti pudding caramel, dan ketika barhi masih setengah matang, memiliki tekstur seperti buah apel yang renyah dan sedikit asam

  • Deglet Noor

Daglet Noor ini berasal dari Tunisia, memiliki tekstur kulit yang halus, daging yang kenyal, dan rasa yang seperti madu.

  • Halawy

Buah yang berukuran kecil, dengan kulit coklat keemasan cerah. Rasa daging yang manis seperti permen caramel dan daging yang lunak. Paling lezat ketika dikonsumsi langsung setelah dipanen.

  • Khadrawy

Jenis khadrawy mirip seperti halawy, tapi rasa buahnya tidak terlalu manis. Kurma jenis ini sering dipanen pada pertengahan musim. Dalam keadaan segar, kurma ini menjadi jenis yang terbaik, tetapi umur simpannya tidak lama.

  • Medjool

Nama lain dari medjool adalah kurma Cadillac. Warna yang cenderung coklat kemerahan disaat matang dan kering. Medjool ini buah yang paling besar dan memiliki tekstur yang lembut seperti bantal. Rasa tidak terlalu manis dan sedikit berserat ketika digigit.

  • Thoory

Kurma jenis thoory berasal dari Aljazair ini memiliki tekstur kulit kencang dan kering, tetapi dagingnya kenyal seperti kue. Untuk rasa dari jenis ini tidak terlalu manis dan gurih seperti kacang.

  • Zahidi

Zahidi adalah kurma berasal dari Iran yang memiliki tekstur lunak. Zahidi memilikir rasa yang manis legit seperti selai kacang, tetapi kadang ada sedikit aroma kecut seperti alpukat.

Fendy Susanto, STP, CPT, CFT, ahli gizi dari Nutrifood Research Center, mengatakan bahwa kurma merupakan sumber serat paling baik bagi tubuh karena tidak mengandung lemak, bebas lemak jenuh, kolesterol, dan sodium.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun