Mohon tunggu...
Tsaabitah TashaAzzahra
Tsaabitah TashaAzzahra Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - saya seorang mahasiswa yg hobinya menulis artikel dan blog

suka yg bermanfaat dan menulis artikel

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Serba-serbi Permasalahan Anak Kuliah Semester Akhir

5 Agustus 2022   13:09 Diperbarui: 5 Agustus 2022   13:25 103 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Yang kita ketahui dunia perkuliahan itu sangatlah menyenangkan, mulai dari kuliah yang outfit nya bebas, banyak teman dan kelas nya pun jarang ada, pokoknya bisa di bilang beda dengan dunia sekolah. Tapi memang di semester 1 itu dunia perkuliahan sangatlah asik tapi memasuki fase semester 5 ke atas apalagi semester 7 8 itu rasanya sudah berat banget, yang seperti ingin nyerah tapi sudah terlanjur nyemplung dan sudah basah.

 Bisa kita lihat para para anak semester 7 dan 8 mereka sudah sibuk mempersiapkan tentang skripsi, sidang, ujikom dan segala macam nya, dan kita bisa lihat mahasiswa di semester 7 dan 8 mereka mahasiswa mahasiswa yang ingin menyerah tapi beban yang selama ini mereka hadapi sebentar lagi akan selesai.

Padahal yang kita semua tau, kita wisuda hanya memindahkan tali toga ke kiri tapi prosesnya itu sudah seperti memindahkan truk yang membawa beban banyak.

Disini saya ingin membahas seperti apa sih serba serbi permasalahan anak kuliah semester akhir atau bisa di bilang suka Duka mereka sebagai mahasiswa semester akhir.

Pasti permasalahan mahasiswa semester akhir yaitu yg pertama umur nya dia, kenapa bisa di bilang umur nya karena semakin lama dia revisi skripsi maka semakin lama dia akan lulus dan juga pasti itu ngaruh di umur dia, dan juga pasti mereka sudah mematokkan di umur segini mereka lulus tapi ternyata kalau revisi skripsi nya terus menerus Maka akan semakin lama mereka sidang dan lulus.

Lalu yang kedua yaitu dosen pembimbing yang tidak enak, bagi mahasiswa akhir dosen pembimbing yang enak itu adalah anugrah bagi mereka, karena terkadang ada dosen yang rese atau bisa di bilang dosen yang mempersulit skripsi mereka, semacam dosen yang mencari kesalahan kesalahan mereka, maka dari itu skripsi nya susah untuk di ACC 

Lalu yang ketiga yaitu proses bikin skripsi nya, nah di bagian ini biasanya mahasiswa akhir kalau sudah bingung ingin bikin skripsi tentang apa biasanya mereka suka mengeluarkan kata kata "ah aku gak bisa, aku mau nikah aja, aku mau berhenti aja kuliah" dan masih banyak hal nya, tapi kalau kita tidak males mencari judul skripsi nantinya proses bikin skripsi akan mudah.

Lalu yang ke empat yaitu tidak mempunyai suport sistem atau tidak mempunyai teman yang baik, biasanya anak anak mahasiswa semester akhir itu lagi butuh butuh nya yg namanya support sistem atau teman, karena biar bisa bikin mereka lebih semangat lagi untuk mengerjakan skripsi nya, biasanya yang mempunyai pasangan pasti nanti namanya akan di tulis di Lembar pendahuluan. 

Saya rasa serba serbi permasalahan mahasiswa akhir sudah cukup ya saya jelaskan, dan intinya untuk mahasiswa akhir tetap semangat untuk terus melanjutkan skripsi nya agar nantinya sidang nya cepat dan cepat mendapatkan gelar impian nya itu.

Dan satu pesan saya mau seberat apapun prosesnya kalau kita sudah nyebur dan sudah basah jangan berhenti di tengah jalan, mau seberat apapun rintangan nya intinya jalanin saja, di balik proses susah mu ada kebahagiaan menanti semangat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan