Mohon tunggu...
Try Gunawan Zebua (Trygu)
Try Gunawan Zebua (Trygu) Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Try Gunawan Zebua dilahirkan di Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, pada tanggal 11 Juli 1994. Try Gunawan Zebua merupakan anak ke-3 dari 3 orang bersaudara, dari pasangan Ayah (Alm) Consthantin Theodali Zebua dan Ibu Rosmawati Telaumbanua. Try Gunawan Zebua memiliki nama pena sebagai Trygu. Riwayat Pendidikan: Taman Kanak-Kanak BNKP Hanna Blindow Gunungsitoli pada tahun 1998-2000, SD Swasta RK Mutiara Gunungsitoli pada Tahun 2000-2006, SMP Swasta Bunga Mawar Gunungsitoli pada Tahun 2006-2009, SMA Swasta Santu Xaverius Gunungsitoli pada Tahun 2009-2012, Jenjang D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Tahun 2012-2015. Pada awal tahun 2015 sempat kuliah dan diterima di Universitas Negeri Malang (UM) pada Jenjang S1 Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik. Tapi, karena tidak sanggup membayar uang kuliah, kuliah pada Jenjang S1 Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Gunungsitoli pada Tahun 2016-2020. Penulis aktif dalam berbagai kegiatan menulis, baik secara individu maupun bersama-sama. Buku karangan individu pertama berjudul Mencegah dan Mengatasi Stress dalam Belajar Matematika (Arieffka Media, 2020), dimana buku pertama ini telah diterbitkan untuk kedua kalinya oleh Anara Publishing (2020) akibat dari penerbit pertama yang tidak mau melakukan cetak untuk yang kedua kalinya. Buku kedua berjudul Masalah-Masalah dalam Belajar Matematika (Guepedia, 2020). Buku Antologi yang terbit ada banyak, baik itu puisi, cerpen maupun quotes. Buku itu berjudul Sepucuk Surat Untuk Imamku #2 (SIP Publishing, 2020), Menua Bersama (Penerbit Kalana, 2020), Dear Masa Lalu (Elsage Publisher, 2020), Filosofi Renjana (Guepedia, 2020), Keniscayaan Sebuah Perubahan (CV Multimedia Edukasi, 2020), dan beberapa buku antologi lainnya. Penulis dapat dihubungi melalui: SMS/Telepon/WA : 081360781116, Facebook : Try Gunawan Zebua, Instagram : Try Gunawan Zebua, Twitter : Try Gunawan Zebua Email : trygunawan@rocketmail.com/trygunawan529@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Apakah Masalah Negatif Memiliki Manfaat? Kapan Itu?

26 November 2022   01:14 Diperbarui: 26 November 2022   01:21 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apakah masalah negatif memiliki manfaat? Kapan itu?

Oleh: Try Gunawan Zebua (Trygu)

Gunungsitoli, 26 November 2022

Masalah adalah ketidaksesuaian antara harapan dengan kenyataan di lapangan. Masalah tersebut dimiliki oleh siapapun tanpa terkecuali atau dengan kata lain, tidak ada manusia satupun yang jauh atau tidak tersentuh oleh masalah tersebut.

Mulai dari bayi, anak-anak, remaja, orangtua, dan bahkan oleh kakek dan nenek di generasi paling atas atau generasi sebelumnya. Janin dalam kandungan pun pasti memiliki masalah misalnya saat seorang ibu yang mengandung terjatuh, akan mengakibatkan janin di dalam perut bisa gugur atau meninggal dunia. Apalagi yang sudah lahir dan memiliki generasi yang banyak dan turun menurun terus.

Orang zaman dahulu atau zaman purba pun memiliki masalah. Masalah mereka misalnya adalah rasa takut saat ada binatang buas datang menghampiri mereka dan lalu menerkam mereka (apalagi jika diperparah binatang buas tersebut kelaparan dan sedang mencari-cari makanan untuk di makan), ada manusia lain yang bahkan mengincar nyawanya saat berpergian ke daerah lain, dan lain-lain sebagainya. 

Bahkan manusia pertama adam dan hawa memiliki masalah juga. Apakah masalahnya? masalahnya  adalah saat memakan buah terlarang yang dipengaruhi oleh iblis, sehingga mereka dihukum oleh Tuhan.

Tuhan pun memiliki masalah. Apakah masalah Tuhan, padahal kan Tuhan pencipta, kok punya masalah juga? Itu karena tingkah kita manusia yang melakukan hal-hal yang bertentangan dengan Firman atau ketentuan Tuhan. Mulai sejak generasi manusia pertama, apalagi generasi seterusnya, bahkan sampai kepada generasi kita saat ini dan masa depan.

Masalah tersebut ada berbagai jenis. Jika kita melihat dari segi bidang kehidupan di dunia ini, ada itu masalah bidang ekonomi yang disebut sebagai masalah ekonomi, ada itu masalah bidang agama yang disebut sebagai masalah agama, ada itu masalah bidang sosial disebut sebagai masalah sosial, dan berbagai masalah yang ada pada berbagai bidang kehidupan kita karena semua bidang kehidupan ada masalahnya. 

Sedangkan, masalah jika kita lihat dari masa atau waktu terjadinya, ada itu masalah masa lampau yang terjadi pada masa lampau, ada itu masalah masa kini yang terjadi pada masa kini, serta ada itu masalah masa depan yang terjadi pada masa depan. Begitu juga, masalah dapat di lihat dari segi wujudnya, dimana ada itu masalah yang diwujudkan dengan ekspresi atau dengan kata lain dari segi ekspresi atau bukan melalui kata-kata dan wujud nyata.

Ada juga itu masalah yang diwujudkan melalui tindakan nyata, entah itu dengan berteriak-teriak, meloncat-loncat dan lain-lain sebagainya, bahkan ada itu masalah yang diwujudkan melalui tulisan berupa angket atau hasil belajar dan prestasi belajar. Atau dengan di tulis di kertas, dinding, dan lain-lain sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun