Mohon tunggu...
Try Gunawan Zebua (Trygu)
Try Gunawan Zebua (Trygu) Mohon Tunggu... Penulis

Try Gunawan Zebua dilahirkan di Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, pada tanggal 11 Juli 1994. Try Gunawan Zebua merupakan anak ke-3 dari 3 orang bersaudara, dari pasangan Ayah (Alm) Consthantin Theodali Zebua dan Ibu Rosmawati Telaumbanua. Try Gunawan Zebua memiliki nama pena sebagai Trygu. Riwayat Pendidikan: Taman Kanak-Kanak BNKP Hanna Blindow Gunungsitoli pada tahun 1998-2000, SD Swasta RK Mutiara Gunungsitoli pada Tahun 2000-2006, SMP Swasta Bunga Mawar Gunungsitoli pada Tahun 2006-2009, SMA Swasta Santu Xaverius Gunungsitoli pada Tahun 2009-2012, Jenjang D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Tahun 2012-2015. Pada awal tahun 2015 sempat kuliah dan diterima di Universitas Negeri Malang (UM) pada Jenjang S1 Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik. Tapi, karena tidak sanggup membayar uang kuliah, kuliah pada Jenjang S1 Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Gunungsitoli pada Tahun 2016-2020. Penulis aktif dalam berbagai kegiatan menulis, baik secara individu maupun bersama-sama. Buku karangan individu pertama berjudul Mencegah dan Mengatasi Stress dalam Belajar Matematika (Arieffka Media, 2020), dimana buku pertama ini telah diterbitkan untuk kedua kalinya oleh Anara Publishing (2020) akibat dari penerbit pertama yang tidak mau melakukan cetak untuk yang kedua kalinya. Buku kedua berjudul Masalah-Masalah dalam Belajar Matematika (Guepedia, 2020). Buku Antologi yang terbit ada banyak, baik itu puisi, cerpen maupun quotes. Buku itu berjudul Sepucuk Surat Untuk Imamku #2 (SIP Publishing, 2020), Menua Bersama (Penerbit Kalana, 2020), Dear Masa Lalu (Elsage Publisher, 2020), Filosofi Renjana (Guepedia, 2020), Keniscayaan Sebuah Perubahan (CV Multimedia Edukasi, 2020), dan beberapa buku antologi lainnya. Penulis dapat dihubungi melalui: SMS/Telepon/WA : 081360781116, Facebook : Try Gunawan Zebua, Instagram : Try Gunawan Zebua, Twitter : Try Gunawan Zebua Email : trygunawan@rocketmail.com/trygunawan529@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Mengapa Harus Menulis?

27 Maret 2021   20:05 Diperbarui: 27 Maret 2021   20:10 82 3 0 Mohon Tunggu...

MENGAPA HARUS MENULIS?

Oleh: Try Gunawan Zebua

Semua yang kita lakukan itu ada motif atau pendorongnya. Tidak asal-asal saja kita dalam melakukan sesuatu (ada maksud dan tujuannya). Biarpun saat melakukannya terkadang kita dengan asal-asalan atau sembrono. Ada yang karena spontanitas atau pun karena berdasarkan suatu pertimbangan tertentu. 

Misalnya: Kita makan, hal ini di dorong karena keinginan kita supaya tidak lapar. Kita berjalan, supaya dapat mencapai tempat tertentu dan supaya kita memperoleh suatu hal tertentu di tempat lain. 

Kita menangis atau mengeluarkan air mata, mungkin karena ada suatu hal yang menyedihkan atau suatu rasa terharu terhadap sesuatu hal yang telah kita capai. Begitu juga yang lain atau dan lain-lain sebagainya.

Dalam dunia menulis, ada juga yang menjadi motifnya. Baik kita sadari secara langsung maupun tidak. Tapi sebaiknya kita menulis itu harus sudah tahu dulu apa alasan atau kenapa kita harus menulis. Disini akan disajikan beberapa alasan menulis, biarpun mungkin saja yang lain memiliki alasan yang berbeda pula. Alasan menulis itu, yaitu:

1). Ingin dikenal orang (Terkenal)

Ada orang yang ingin sekali terkenal atau dikenal oleh banyak orang. Entah itu supaya bisa memiliki pengaruh tertentu atau mengejar sesuatu seperti jabatan tertentu. Dalam menulis juga, kita dapat menjadi terkenal. 

Kenapa? Karena tulisan kita bisa sampai atau dibeli oleh orang lain yang bahkan beda pulau atau beda negara dengan kita. Sehingga tanpa kita kesuatu daerah tertentu, orang sudah mengenal kita. Tanpa kita harus menduduki suatu jabatan tertentu, orang sudah mengenal kita.

2). Ingin mendapatkan uang atau penghasilan

Beberapa orang atau bahkan hampir semua orang ingin memiliki suatu penghasilan. Paling tidak untuk membeli sebungkus makanan, segelas air atau bahkan sebutir obat-obatan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x