Mohon tunggu...
TRI ULFA AGUSTIYANI
TRI ULFA AGUSTIYANI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Periode 2020/2021

KKN TIM II UNDIP 2020/2021 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan/ Teknologi Hasil Perikanan Lokasi KKN : Kelurahan Surajaya, Kec. Pemalang, Kab. Pemalang, Jawa Tengah DPL : Arwinda Nugraheni, S. KM., M. Epid.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswi KKN Tim II Undip Ajari Cara Kuatkan Imun Tubuh

3 Agustus 2021   23:49 Diperbarui: 4 Agustus 2021   00:08 70 1 0 Mohon Tunggu...

Pemalang (3/8/2021). Covid-19 di Indonesia setiap hari mengalami kenaikan yang semakin tinggi sehingga pemerintah menerapkan kebijakan PPKM Darurat Jawa-Bali guna menekan angka penderita covid-19 supaya terjadi penurunan. Kondisi ini membuat Tri Ulfa Agustiyani selaku Tim II KKN Universitas Diponegoro 2021 melaksanakan program yang bertema "Pendampingan Pembuatan Jamu Berbahan Rempah-Rempah Untuk Kesehatan Dan Peningkatan Imunitas Tubuh Dalam Upaya Pencegahan Covid-19". Program ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Kelurahan Surajaya, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh dengan cara mengonsumsi jamu kunyit asam.

Ulfa mengajak warga RT 05 RW 06 Kelurahan Surajaya, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang melalui video dan poster edukasi ajakan minum jamu kunyit asam. Sosialisasi dan distribusi pembuatan jamu kunyit asam dilakukan secara online dengan perantara media sosial Whatsapp Group KKN yang beranggotakan warga RT 05 RW 06 dilakukan dengan cara diskusi tentang jamu kunyit asam, melihat video jamu kunyit asam dan memberikan poster tentang jamu kunyit asam. Kegiatan Pelatihan tersebut dikemas kedalam program kerja KKN yang berjudul "Sosialisasi Dan Distribusi Jamu Kunyit Asam Sebagai Solusi Penangkal Virus".

Pemberian tutorial video pembuatan jamu agar masyarakat tahu cara pembuatan jamu untuk meningkatkan imunitas daya tahan tubuh dan dan menangkal bakteri virus di dalam tubuh dalam masa pandemi Covid-19. Di Indonesia, jamu dikenal sebagai obat tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan. 

Bukan hanya sebagai obat untuk mengobati penyakit, jamu juga biasa dikonsumsi sebagai ramuan untuk mencegah tubuh dari serangan berbagai penyakit atau sekadar menyegarkan tubuh. Salah satu jamu yang banyak ditemui dan dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah kunyit asam. 

Jamu kunyit asam terbuat dari bahan dasar kunyit dan dicampur dengan asam jawa. Cara pembuatan jamu kunyi asam yaitu cuci bersih kunyit yang masih segar, kemudian kupas kulitnya. Parut atau blender dengan sedikit air. Didihkan air, kemudian rebus air berisi parutan kunyit, gula, garam dan asam jawa. Setelah jamu mendidih, angkat dari kompor dan tunggu sampai dingin. Saring ke dalam gelas atau botol. 

Minuman berwarna kuning dengan rasa asam manis ini memang dikenal sebagai salah satu minuman herbal yang kaya akan manfaat. Mengonsumsi jamu kunyit asam dapat membuat daya tahan tubuh meningkat lebih baik. Manfaat kunyit asam yang satu ini didapatkan dari zat antioksidan, antiperadangan dan antibakteri yang terkandung dalam jamu kunyit asam. 

Bukan hanya itu, kandungan vitamin C yang terdapat dalam campuran asam jawa, dapat dikatakan sebagai pelindung utama tubuh dari berbagai ancaman bakteri, kuman, dan virus yang dapat menyebabkan penyakit. Selain berguna untuk meningkatkan imunitas daya tahan tubuh, manfaat jamu kunyit asam untuk kecantikan yang lain adalah dapat mencerahkan kulit dan meredakan nyeri haid.

Jamu Kunyit Asam Sebagai Solusi Penangkal Virus (dokpri)
Jamu Kunyit Asam Sebagai Solusi Penangkal Virus (dokpri)

Mengapa mengonsumsi jamu kunyit asam dapat meningkatkan imun tubuh? Karena kunyit mengandung zat curcuminoid yang bersifat anti-bakteri, anti-infeksi, dan anti-radang. Kandungan tersebut mampu melawan tubuh dari serangan kuman penyakit. Asam jawa memiliki khasiat anti-radang, anti-nyeri, dan melancarkan pencernaan. Ramuan jamu kunyit asam berkhasiat sebagai antioksidan sehingga membuat tubuh awet muda, mengatasi masalah haid, mengatur gula darah, hingga mengurangi berat badan.

Respon warga RT 05 RW 06 Kelurahan Surajaya, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang dalam menerima sosialisasi jamu kunyit asam juga merasa teredukasi dengan adanya video dan poster yang diberikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x