Mohon tunggu...
Trisya Indriani
Trisya Indriani Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Biologi 17 Universitas PGRI Semarang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKNT UPGRIS Adakan Pembelajaran Luring di Dukuh Silowire dengan Tetap Memperhatikan Protokol Kesehatan

25 September 2020   13:00 Diperbarui: 25 September 2020   13:03 4 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKNT UPGRIS Adakan Pembelajaran Luring di Dukuh Silowire dengan Tetap Memperhatikan Protokol Kesehatan
Dokumen Pribadi. Koordinasi dengan Kepala Sekolah

 Kemendikbud mengadakan sebuah program untuk menyikapi adanya pandemi yang begitu menakutkan ini yaitu Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT). Program ini sudah biasa dilakukan oleh mahasiswa, hanya saja di tahun-tahun sebelumnya kegiatan ini dilakukan oleh kampus dan di beri nama Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dengan adanya program ini mahasiswa menjadi lebih cepat dan lebih mudah dalam menempuh mata kuliah KKN. 

Begitupun dengan adanya KKN ini banyak pihak yang terbantu, baik pihak sekolah maupun masyarakat di lingkungan sekitar mahasiswa. Mungkin ini yang benar-benar mahasiswa adalah agent of change, karena benar-benar ada perubahan atau pergerakan yang terlihat di sekitar lingkungan mahasiswa KKNT.     

"Adanya hal tersebut pula yang membuat saya tertarik untuk ikut melakukan pergerakan dalam pandemi ini", begitu pungkas Ihvan Fanani seorang mahasiswa yang melakukan KKNT. Ihvan melakukan kegiatan ini di Sekolah Dasar Godo 02, untuk membantu proses pembelajaran di sana karena keadaan daerah yang kurang adanya jaringan internet. 

"Saya memilih tema literasi dan numerasi luring karena saya sudah melihat situasi ini dari dahulu, jadi saya ingin melakukan nya di lokasi tersebut" begitu tambahnya, saat kami temui setelah melakukan koordinasi dengan kepala sekolah pada tanggal 20 Agustus 2020. Dengan adanya KKNT di sana menjadi mempermudah pihak sekolah karena Ihvan membantu melakukan pembelajaran secara luring yang tidak bisa di lakukan sekolah karena terpancang anturan dari Kemendikbud sendiri. Dan bila di lakukan secara daring siswa SD tersebut selalu kesusahan untuk mengikuti karena kesulitan mengakses jaringan.          

Semoga dengan adanya KKNT ini bisa menjadi sebuah perubahan atau setidaknya meringankan beban para tenaga pendidik dalam masa pandemi ini. Dan menjadikan nyata sebuah teori yang menyebutkan bahwa mahasiswa adalah agent of change

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x