Mohon tunggu...
Tri Susilowati
Tri Susilowati Mohon Tunggu... mahasiswa uin walisongo

jangan lupa tersenyum dan bersyukur

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Perubahan Sosial akibat Semakin Canggihnya Teknologi, Terutama Smartphone

11 Mei 2020   07:59 Diperbarui: 11 Mei 2020   07:56 7675 0 0 Mohon Tunggu...

Perubahan akan selalu berjalan dan pasti akan terjadi, kita mau atau tidak semua akan terus berjalan,entah cepat atau lambat. Hanya bagaimana kita meresponnya, kita akan mengikuti perubahan tersebut atau hanya diam saja atau bahkan menolak akan perubahan. 

Perubahan dapat memberikan kita manfaat, namun juga dapat membuat kita terlena Perubahan sosial akibat dari perkembangan zaman terutama semakin canggihnya teknologi di era sekarang ini juga memberi dampak positif maupun negatif.  

Perubahan sosial menurut John Luwis Gillin dan John Philip Gillin adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat. 

Sedangkan perubahan sosial menurut Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi adalah suatu proses perubahan, modifikasi, atau penyesuaian-penyesuaian yang terjadi dalam pola hidup masyarakat, yang mencakup nilai-nilai budaya, pola perilaku kelompok masyarakat, hubungan-hubungan sosial ekonomi, serta kelembagaan-kelembagaan masyarakat, baik dalam aspek kehidupan material maupun nonmateri.

Secara harfiah teknologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu "tecnologia" yang berarti pembahasan sistematik mengenai seluruh seni dan kerajinan. Istilah tersebut memiliki akar kata "techne" dalam bahasa Yunani kuno berarti seni (art), atau kerajinan (craft). 

Dari makna harfiah tersebut, teknologi dalam bahasa Yunani kuno dapat didefinisikan sebagai seni memproduksi alat-alat produksi dan menggunakannya. Definisi tersebut kemudian berkembang menjadi penggunaan ilmu pengetahuan sesuai dengan kebutuhan manusia. 

Teknologi dapat pula dimaknai sebagai "pengetahuan mengenai bagaimana membuat sesuatu (know-how of making things) atau "bagaimana melakukan sesuatu" (know-how of doing things), dalam arti kemampuan untuk mengerjakan sesuatu dengan nilai yang tinggi, baik nilai manfaat maupun nilai jualnya (Ngafifi, 2014: 36).

Kemajuan teknologi memberikan manfaat dalam berbagai bidang, kemajuan teknologi akan terus terjadi kerena pengetahuan juga semakin meningkat, pendidikan juga semakin baik. 

Pendidikan baik maka bidang yang lain akan mengikuti seperti dalam bidang ekomoni maupun sosial. Pengetahuan meningkat maka munculnya inovasi-inovasi baru dan mempermudah kerja manusia. 

Kemunculan handphone dari tahun ke tahun semakin meningkat, yang awalnya hanya dapat digunakan untuk SMS dan telpon kemudian sekarang dapat digunakan dalam segala hal seperti komputer atau laptop. Semakin canggihnya smartphone dapat berdampak positif maupun negatif untuk masyarakat itu sendiri.

Semakin canggihnya smartphone solidaritas antar individu juga berkurang, yang mana bisa saya rasakan sendiri pada masa kecil begitu banyak permainan tradisonal dan banyak teman dan kedekatannya begitu erat, namun bisa kita lihat bahwa sekarang anak-anak sejak kecil sudah diberikan handphone dan menggunakan game online. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN