Mohon tunggu...
Tri Suci
Tri Suci Mohon Tunggu... Administrasi - Karyawan swasta

Single simply mom dengan dua anak yang menginjak usia remaja. Penyuka suasana hening dan tenang. Lebih suka gunung daripada pantai, tapi lebih memilih pantai daripada mall...

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Berburu Nasi Jamblang Cirebon: Pilih yang Murah Meriah

18 Januari 2023   11:53 Diperbarui: 20 Januari 2023   09:13 384
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: neodriven.com

Aku terbangun ketika mendengar suara pengumuman dari Kereta Argo Cheribon yang kutumpangi tiba di Stasiun tujuan, Cirebon. Pukul 8 malam, itu artinya aku berada di dalam kereta sekitar 3 jam sejak berangkat dari stasiun Gambir. Membereskan bawaan kemudian berniat segera keluar, namun sempat bertabrakan tepat di pintu gerbong dengan seorang porter saat dia memaksa masuk ke dalam kereta. Mau marah, tapi urung. Sebab aku tau rasanya perjuangan menjadi kepala keluarga.  

Kugeret roda ranselku menuju keluar stasiun. Di luar, aku berdiri sejenak, menghirup udara malam sambil mengedarkan pandangan mencari sesuatu yang kubutuhkan saat ini. Ya, makan! Pendingin udara di kereta bikin aku kurang nyaman di dalamnya dan disela-sela skroling hp, aku menemukan sebuah tulisan yang ngga asing. Yup, tulisanku di copy paste plek-plek tanpa izin dan diposting di page pribadi sebuah akun wisata daerah dekat rumahku. Mengingatkanku akan cerita yang sama di Blog Sunglow Mama. Kesal rasanya, bikin perutku tambah melilit kelaparan. 

Mataku tertuju pada sebuah warung kecil tanpa etalase dan berdinding kain kuning tapi bukan bergambar pohon beringin. Aku melangkah cepat, sedikit menyeberang jalan untuk mencapainya. Terlihat deretan baskom berukuran sedang berbaris tiga. Baskom-baskom itu berisi aneka lauk pauk menyelerakan. 

Di sana sudah duduk seorang pria paruh baya. Kutebak, Ia adalah penumpang kereta yang sama denganku sedang makan dengan lahapnya. Saat aku masih bingung memilih lauk, Ia sudah minta tambah. 

Aku ingat kata seorang teman dari Medan yang merantau ke Cirebon, "jangan lupa makan nasi jamblang kalau nanti ke Cirebon, ada cumi hitam kesukaanmu"

Maka dua potong cumi hitam terakhir yang ada di baskom berhasil kusantap habis malam itu dipadu dengan segelas teh hangat. Mencium aroma kopi Bapak sebelahku, aku sempat tergiur. Tapi bisa kutahan sebab aku ngga mau lambungku bermasalah selama dinas. Alhamdulillah, tak ada lagi bunyi kriuk-kriuk memalukan itu dari dalam perut. 

Selesainya, aku memesan ojek online menuju hotel. Hari ini, aku bangun dini hari pukul 3 pagi, mengejar pesawat subuh dari Medan, transit Jakarta supaya bisa naik kereta, kemudian pukul 10 malam baru bisa merebahkan badan. Selesai Isya, aku terlelap sampai pagi. Nikmatnya... 

Nasi Jamblang

Nasi atau Sega Jamblang adalah makanan khas dari Cirebon. Jamblang berasal dari nama daerah di sebelah barat Kabupaten Cirebon dimana asal pedagang makanan itu bermukim. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun jati sebagai bungkus atau alas nasi dan disajikan secara prasmanan. 

Kenapa daun jati? Ternyata ada kisah pilu dibaliknya. Menurut beberapa sumber, dulu pada masa pembuatan jalan raya Anyer-Panarukan oleh Deandles, para pekerja yang kebanyakan warga Cirebon banyak yang tak digaji dengan layak dan kelaparan karena tak diberi waktu untuk makan. Seringnya makanan yang mereka bawa jadi basi karena terlalu lama dibungkus. Melihat hal tersebut, mereka menemukan cara agar nasi tidak cepat basi yaitu membungkusnya dengan daun jati. Kuliner dengan latar belakang historis begini harus dilestarikan. 

Selain urusan bekerja dan berwisata, kuliner sering menjadi tujuan para pengunjung, kan? Kalau aku, ketiganya kujabanin. Kali ini, aku mencoba beberapa kuliner Cirebon. Seminggu disana, selain seafood bancakan, gado-gado, sate, ayam bakar, indomie get wahidin, bakso pak muh, Nasi Jamblang tentu saja jadi pilihan utama dan paling sering dicari. Selain karena banyak pilihan lauk pauk, harganya juga terjangkau. 

Rekomendasi Nasi Jamblang Enak dan Murah di Cirebon

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun