Mohon tunggu...
Trisno Widodo
Trisno Widodo Mohon Tunggu... Guru - Saya ingin menimba Ilmu

Bio menulis untuk menimba ilmu, mohon bimbingan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Media Playhouse untuk Meningkatkan Keterampilan 4C pada Siswa

2 Maret 2020   05:53 Diperbarui: 2 Maret 2020   05:49 493
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada era globalisasi saat ini, yang dikenal dengan era milenia dalam menyongsong  generasi  emas  untuk menghadapi perkembangan zaman 4.0 (Four  ponit  zero) pada  usia  emas.  (Susriyati Mahanal, 2014) Generasi  emas  adalah generasi  yang  mempunyai  keterampilan  abad  21  yaitu  insan  yang  berkarakter,  berpikir  kritis, kreatif, inovatif,  komunikatif, kolaboratif, dan kompetitif. Untuk  menyongsong  bangkitnya  generasi emas diperlukan pembangunan dibidang pendidikan. Dari Pembelajaran pada tema 8 "Daerah Tempat Tinggalku", subtema 2 "Keunikan Daerah Tempat Tinggalku". Pembelajaran ke-1 yang berisi muatan terpadu pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia, dengan kompetensi dasar mauatan IPA Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar dan muatan Bahasa Indonesia Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks,  aspek kerja sama atau berkolaborasi dengan teman, kemampuan berkomunikasi dengan teman, kreatif dan berfikir kritis atau dapat disebut dengan 4 C  (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) masih rendah. Inovasi dari Play House ini adalah siswa dapat lebih aktif dalam komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis dan berinovasi sehingga lebih cepat memahami dan nilai pengetahuan meningkat baik dimuatan pelajaran IPA maupun bahasa Indonesia.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan cara membuat media Play House untuk meningkatkan keterampilan 4 C. 2) Memberi  kemudahan melalui media Play House dalam  meningkatkan  kemampuan Keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) pada siswa kelas 4 SD Negeri Sambiroto Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. 3) Untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan Keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) pada pada siswa kelas 4 SD Negeri Sambiroto Kecamatan Gajah Kabupaten Demak.

Dalam pembelajaran peneliti membagi kelas dalam 4 kelompok dengan anggota masing-masing 6 orang. Masing-masing kelompok mencatat data pengaruh gaya hasil pengamatan. Selama dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media belajar play house dapat meningkatkan keterampilan 4 C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation).

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa; : 1) Media Play House yang terbuat dari bahan bekas diinovasikan menjadi alat peraga edukasi yang memenuhi persyaratan pembuatan APE  baik  syarat  edukatif,  syarat  teknis  maupun syarat estetika serta dapat meningkatkan keterampilan 4 C siswa kelas 4 SD Negeri Sambiroto. 2) Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa dilingkungan sekitar menggunakan media play house mampu menstimulus  keterampilan abad ke-21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation. 3) Dengan menggunakan  media pembelajaran  play house, Play house siswa dalam belajar yaitu dengan hasil yang sangat luar biasa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun