Mohon tunggu...
Trisna MurtiNurmin
Trisna MurtiNurmin Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah seorang guru padahal dulu saya tidak bercita-cita menjadi. Tapi takdir berkata lain. Saya ternyata harus menjadi guru. Dan sekarang saya mencintai profesi saya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Fenomena Mas Al dan Mbak Andin Ikatan Cinta

28 November 2022   09:01 Diperbarui: 28 November 2022   09:13 434
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tokoh Aldebaran Alfahri dan Andini Kharisma Putri, tokoh fiktif dalam sinetron Ikatan Cinta ,  sudah dua tahun ini menjadi satu-satunya sinetron yang saya tonton. Saya dan Emak-Emak  di Indonesia dibuat baper dengan kisah cinta mereka. Mereka bahagia, penonton juga happy. Mereka sedih, penonton juga ikut menangis. Apa pun yang mereka sajikan di layar kaca, pesannya bisa sampai ke penonton di rumah. Lalu mengapa begitu ? Rahasia apa yang dimiliki Amanda Manopo dan Arya Saloka sampai mampu menghipnotis jutaan emak-emak di Indonesia ?

Setahu saya Amanda Manopo sudah menjadi artis sejak anak-anak. Saya tidak begitu mengikuti perkembangannya secara detail. Yang saya tahu, dia sangat cantik,dan sangat berbakat.Banyak artis yang cantik, tapi menurut saya, Amanda punya ciri khas,orang Jawa bilang, ayu. Dalam diri Amanda, kecantikannya berpadu dengan kelembutannya.Lembut wajahnya, lembut juga tutur katanya.Sebelum bermain di Ikatan Cinta, Amanda sudah banyak membintangi sinetron dan beberapa film layar lebar. Beberapa diantaranya melambungkan namanya ke puncak popularitas.Saya sempat juga mengikuti kisahnya ketika dia berpacaran dengan Billi Syahputra. 

Tentang Arya Saloka, saya tidak tahu banyak. Bahkan sebelum dia bermain di Ikatan Cinta, saya tidak pernah mendengar nama Arya Saloka. Padahal Arya sudah terjun ke dunia seni peran sejak tahun 2011.Beragam judul dan karakter  sudah dia perankan baik di FTV,sinetron, dan film layar lebar. Ikatan Cinta, menjadi "berkah "buat Arya, namanya semakin populer, semakin dikenal masyarakat.Ikatan Cinta menjadi momentum buat kebangkitan seorang aktor bernama Arya Saloka 

Awal pertemuan saya dengan  Ikatan Cinta terjadi secara tidak sengaja. Suatu malam kalau tidak salah di bulan November 2020, secara tak sengaja saya melihat adegan seorang suami sedang marah-marah ke istrinya di RCTI. Kok menarik ya.......Si suami ganteng dan si istri yang dibentak-bentak, cantik sekali. Secara visual, Arya dan Amanda sangat menarik. Arya ganteng, senyumnya sangat manis, bahkan manisnya melebihi gula jawa...ehmmm. Dan Amanda.........saya kira semua penonton setuju bahwa Amanda Manopo gadis yang memesona. Sejak malam itulah saya masuk ke dunia "Aladin "

Saking cintanya kepada pasangan ini, saya bela-belain buat instagram agar bisa mengintip akun-akun shiper Aladin yang selalu update tiap episode Ikatan  Cinta. Saya hampir tidak pernah berkomentar, tapi saya sangat menikmati komentar para netizen tentang Aladin yang halu, lucu, bahkan seringkali membuat ngakak.

Menurut pendapat saya sebagai penonton, tokoh Aldebaran Alfahri dan Andini Kharisma Putri  adalah pasangan yang sangat serasi, sangat cocok, sangat nyaman satu dengan yang lain, chemistry keduanya sangat luar biasa.Sepanjang yang saya tahu, di dunia perfilman Indonesia, ada pasangan Sopan Sopian- Widyawati, Rano Karno- Yesi Gusman, Roy Martin- Yati Ovtavia, Slamet Raharjo Christin Hakim., artis-artis senior Indonesia,mungkin ini subjektif, tapi menurut saya, Aladin mengalahkan mereka.Lalu juga ada pasangan sinetron, Rangga Azof- Haico, Stevan Wiliam- Natasya Wilona, Verell Bramasta- Ranti Maria, dll. Tetap menurut saya, Aladin yang terbaik.

Lalu apa rahasia Arya Saloka dan Amanda Manopo sehingga mereka bisa masuk ke tokoh yang diperankannya? Pertama, pasti karena mereka adalah aktor dan artis yang profesional. Ketika mereka sudah terikat kontrak, mereka bekerja totalitas tanpa batas.Kedua, karena mereka bekerja dengan hati dan rasa. Semua pekerjaan yang dilakukan dengan hati dan rasa, hasilnya akan maksimal. Sehingga banyak penonton setia Ikatan Cinta yang merasa, dan menganggap semua adegan mereka adalah "real" tagar menolak fiktif ramai di lini masa.

Terkait hati dan rasa, hampir dua tahun mereka bekerja sama.Karena peran mereka adalah pasangan suami istri, hampir setiap hari mereka beradegan mesra, sekalipun hanya sebatas cium kening, bergandengan tangan, tatap-tatapan, atau gendong-gendongan.Peribahasa jawa mengatakan, witing tresno jalaran suko kulino, mungkinkah diantara keduanya sudah tumbuh bibit-bibit cinta ? Faktanya, mereka adalah dua manusia dewasa yang normal. Apakah ada ketertarikan secara fisik di antara keduanya? Saya menduga,mungkin ada. Tapi apakah mereka saling cinta ? Sejatinya hanya Tuhan dan keduanya yang tahu.Di dunia Aladin, tak hentinya para fans mendoakan agar mereka bisa menua bersama, sehidup sesurga.Mereka seolah tidak peduli bahwa di kehidupan nyata Arya Saloka sudah berkeluarga.

Ikatan Cinta kini menjelang episode 1000. Beredar isu bahwa Desember Ikatan Cinta akan berakhir. Banyak fans setianya yang tidak rela jika IC tamat.Karena jika Ikatan Cinta selesai, maka akan berakhir juga kebersamaan Arya Saloka dan Amanda Manopo. Kisah mereka sangat manis,terlalu indah untuk dikenang, terlalu sulit untuk dilupakan.Banyak fans yang terlalu cinta kepada karakter Aldebaran Alfahri dan Andini Kharisma Putri. Tetapi  di dunia tidak ada yang abadi, ada awal pasti ada akhir, suatu saat kisah Aladin akan berakhir. Akankah mereka bisa bersama lagi ? Tagar WeStandForAryaManda, kembali meramaikan media sosial.

Kasus photoshoot bulan September tahun lalu, ditambah isu perselingkuhan ketika sesaat Arya hengkang dari Ikatan Cinta, membuat tipis harapan mereka bisa  bersatu lagi di proyek lain. Waktu itu, Amanda memutuskan tidak akan lagi bekerja bareng Arya. Sangat wajar kalau waktu itu Amanda bersikap demikian. Serangan netizen kepadanya luar biasa mengerikan. Cacian, makian, umpatan, bertubi-tubi datang kepadanya. Seorang artis memang harus siap menghadapi pro kontra dari penggemar atau pembencinya.Saya sendiri selalu percaya Amanda Manopo adalah seorang gadis yang kuat, cerdas, dan mandiri.Mungkin, dia juga suka kepada Arya, tetapi dia tahu batas, dia menjaga hati dan sikapnya.  Dia tidak akan mengorbankan kariernya dengan menjadi " Pelakor". Amanda terlalu baik untuk menyakiti sesama wanita, termasuk Istri Arya.

Mungkin para penggemar setia Ikatan Cinta harus belajar menerima fakta. Bahwa yang fiktif itu tidak real, dan yang real bukan fiksi.Walaupun yang fiktif itu selalu lebih indah dari yang nyata.Saya juga termasuk orang yang suka ber " haluria ". Saya berkhayal suatu saat, mungkin sepuluh tahun ke depan, Arya dan Amanda menjadi pasangan nyata. Saya berharap tangan Tuhan bekerja, semesta mendukung sehingga tidak ada yang tersakiti. Tetapi ketika pikiran waras saya kembali,saya tahu, Arya dan Amanda tidak akan bisa bersatu. Selain status, keyakinan mereka juga berbeda. Ada jurang yang memisahkan mereka.  Arya adalah seorang muslim yang taat. Dia juga suami dan ayah yang baik. Mungkin, dia merasa nyaman dan bahagia bersama Amanda, tapi tidak mungkin dia meninggalkan keluarganya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun