Mohon tunggu...
Tri Sandi Wahyuni
Tri Sandi Wahyuni Mohon Tunggu... Mahasiswi

Mahasiswi yang sdang menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNTAN, sedang berproses dan ingin belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Pendidikan di Pintu Gerbang Perbatasan

20 September 2019   00:00 Diperbarui: 21 September 2019   21:39 0 5 3 Mohon Tunggu...
Pendidikan di Pintu Gerbang Perbatasan
Mahasiswa KKN Revolusi Mental UNTAN 2019 sedang mengajar di kelas (dokpri)

Desa Temajuk merupakan desa yang terletak di pesisir Kalimantan Barat, khususnya Kabupaten Sambas. Desa ini berbatasan langsung dengan Malaysia, yaitu antara Dusun Sempadan, Temajuk dan Teluk Melano, Serawak.

Daerah perbatasan pada hakikatnya merupakan daerah terdepan Indonesia yang memiliki polemik permasalahan pendidikannya sendiri. 

Kendala utama dari ketertinggalan pendidikan di desa ini ialah keterbatasan SDM (tenaga pengajar tetap, bagian TU dan perpustakaan), akses listrik PLN, dan jaringan telekomunikasi. 

Hal ini menyebabkan beberapa fasilitas yang ada di sekolah-sekolah ini sulit untuk digunakan pada saat kegiatan belajar mengajar. Meskipun lokasinya berada di perbatasan, desa ini sudah memiliki ketersediaan sekolah yang lengkap dimana terdapat satu PAUD, satu TK, dua SD, satu SMP dan satu SMA.

Dari keseluruhan sekolah yang ada, semuanya memiliki permasalahan dan keluhan yang hampir sama. Mereka memiliki fasilitas dan mendapatkan bantuan penunjang kegiatan belajar mengajar namun kesulitan dalam penggunaannya. 

Selain itu ada pula kendala lain, ialah sulitnya akses menuju Desa Temajuk membuat guru-guru pendatang tidak betah berlama-lama mengabdi disana. Dikarenakan jauh dari tempat tinggalnya, ada guru yang hanya mengajar dua sampai tiga kali dalam seminggu. 

Adapun yang bertahan di desa tersebut kadang hanya mampu mengabdi setahun atau dua tahun saja. Sulit menemukan tenaga pengajar yang mampu bertahan sampai bertahun-tahun lamanya. 

Meskipun demikian, hampir semua sekolah sudah mampu bersaing dan mencetak prestasi untuk sekolahnya, baik dari pelajar maupun tenaga pengajar.

Berikut adalah beberapa kondisi sekolah yang ada di Desa Temajuk:

1. SD Negeri 16 Temajuk

Sosialisasi Hidup Sehat: Cara Sikat Gigi yang Baik (dokpri)
Sosialisasi Hidup Sehat: Cara Sikat Gigi yang Baik (dokpri)
Sekolah yang berdiri pada tahun 1985 ini merupakan sekolah tertua yang ada di Desa Temajuk. Sekolah yang berada di Dusun Camar Bulan ini memiliki hubungan dengan sejarah berdirinya SDN 19 Temajuk. Saat ini, SDN 16 Temajuk memiliki predikat Akreditasi "B". 

Adapun jumlah tenaga pengajar sebanyak 11 orang, sudah termasuk kepala sekolah, guru agama Islam, guru olahraga, staff tata usaha, staff operator, dan sisanya guru tetap. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x