Mohon tunggu...
Try Raharjo
Try Raharjo Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Orang Republik

Subscribe ya dan like channel YouTube punyaku youtube.com/c/indonesiabagus

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Membangun dan Mencerdaskan Bangsa dengan Literasi

6 Juni 2021   20:32 Diperbarui: 7 Juni 2021   14:21 209 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Wakil Bupati Banyumas (berbaju putih) memukul rebana sebagai tanda peluncuran situs web ISNU Banyumas.| Dokpri

Dengan mengangkat tema "Membangun dan mencerdaskan bangsa dengan literasi" pada hari ini Ahad 6 Juni 2021, menempati ruang aula gedung Kelompok Belajar Ibadah Haji Nahdlatul Ulama (KBIH NU) "Al-Arofat" di Jl Sri Rahayu, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, telah dilaksanakan kegiatan Halal bihalal Pengurus Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PC ISNU) Kabupaten Banyumas. 

Hadir Wakil Bupati Banyumas Drs H Sadewo Tri Lastiono, Rektor Universitas Jenderal Soedirman Prof Dr Ir Suwarto MS, Rektor Universitas Islam Negeri Prof Dr Saifudin Zuhri (UIN Saizu) KH Dr M Roqib M.Ag, Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banyumas yang juga Rais Syuriah NU Kabupaten Banyumas KH Drs Mughni Labib M.Si, Ketua PC NU Kabupaten Banyumas Drs Sabar Munanto M.Pd.I, sejumlah pengurus PC ISNU, PC NU, IPNU, IPPNU di Kabupaten Banyumas, sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, nahdliyin dan beberapa tamu undangan lainnya.

Mengingat masih dalam keadaan pandemi, kegiatan dilaksanakan secara terbatas dengan mendapatkan pengamanan dari unsur kepolisian Babinkamtibmas, dan dibantu Banser.

Dr Fahrudin Aziz sekretaris Pengurus Pimpinan Wilayah NU (PWNU) Jawa Tengah mewakili Prof Budi Setiyono Ketua PW ISNU Jawa Tengah yang berhalangan hadir dalam sambutannya secara virtual menyampaikan apresiasinya kepada para Pengurus Cabang (PC) ISNU Kabupaten Banyumas atas terselenggaranya kegiatan halal bihalal ini.

Menurutnya, kegiatan halal bihalal adalah sarana untuk silaturahmi dan menjalin komunikasi yang intens untuk meneguhkan atau memperkuat soliditas terutama dengan domain yang sama-sama menjadi amanah yaitu domain sarjana yang hadir untuk memberikan kontribusi terhadap dinamika yang ada di masyarakat.

Menurut Dr Fahrudin Aziz, dalam situasi pandemi yang belum dapat diketahui secara pasti kapan akan berakhir ini, memang kita dituntut untuk melakukan adaptasi-adaptasi agar kreasi-kreasi tidak mati, agar ide-ide segar itu bisa terus jalan, dan agar kehadiran / kontribusi kita terhadap masyarakat dalam domain yang kita miliki bisa tetap eksis.

Ia berharap sinergi yang baik antara seluruh jajaran yang ada: pusat, wilayah, cabang, anak cabang, dsb. Kita harapkan membentuk suatu pola agar ISNU memberikan kontribusi yang nyata di tengah masyarakat.

ISNU menurut Dr Fahrudin Aziz harus mampu berada di garda terdepan untuk memberikan solusi-solusi atas problem yang ada di masyarakat, menciptakan inovasi-inovasi yang meneguhkan posisi ISNU.

Dirinya yakin, ISNU sebagai jam'iyah atau jamaah adalah memiliki sumber daya manusia yang luar biasa. SDM yang ada harus benar-benar dapat dimanfaatkan, baik secara kelembagaan, secara struktural dan kultural untuk kemudian hadir dan berada di garda terdepan menjawab segala problematika yang ada di masyarakat, dan memberikan kontribusi yang nyata.

Selanjutnya Ketua Umum Pengurus Pusat ISNU Dr H Ali Masykur Musa M.Si M.Hum juga berkenan menyampaikan sambutannya secara virtual pada kesempatan pertemuan halal bihalal kali ini. Senada dengan Dr Fahrudin Aziz, ia pun menyampaikan apresiasi dan penghargaannya kepada kinerja ISNU Kabupaten Banyumas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan