Mohon tunggu...
Try Raharjo
Try Raharjo Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Orang Republik

www.youtube.com/c/indonesiabagus

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Hari Peduli Sampah Nasional, PT Pegadaian Purwokerto Berikan Bantuan untuk Bank Sampah

21 Februari 2021   22:44 Diperbarui: 21 Februari 2021   23:15 373 13 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ikatan Istri Karyawan Pegadaian (IIKP) Purwokerto memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2021. | Dokpri


Pekerjaan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh, terus menerus dan berkelanjutan niscaya memberikan hasil yang baik. Hal demikian dibuktikan oleh Bank Sampah Srayan Makarya (BSSM) melalui aktivitasnya di lokasi pusat kegiatan Jl. G. Wilis, Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Bantuan operasional berupa perlengkapan kantor yang meliputi komputer, printer, meja dan kursi kantor, dan timbangan digital senilai lebih dari Rp 11 juta diberikan oleh PT Pegadaian (Persero) Area Purwokerto sebagai bentuk dukungan terhadap aktivitas BSSM dalam mewujudkan lingkungan hidup yang bersih dan sehat.

Bantuan tersebut diserahterimakan dari Bp. Dodik Sugeng Hariyadi Deputy Manager Business Area Purwokerto PT Pegadaian (Persero) kepada Direktur Bank Sampah Srayan Makarya Supriyanto di Purwokerto, Minggu (21/2/2021).

Dodik Sugeng Hariyadi (kanan) dari PT Pegadaian Purwokerto menyerahkan  bantuan kepada Bank Sampah Srayan Makarya (21/2). | Dokpri
Dodik Sugeng Hariyadi (kanan) dari PT Pegadaian Purwokerto menyerahkan  bantuan kepada Bank Sampah Srayan Makarya (21/2). | Dokpri

Serah terima bantuan operasional tersebut dilakukan bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang tiap tahun secara nasional diperingati pada tanggal 21 Februari. Untuk tahun ini tema peringatan HPSN adalah "Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi".

Melalui peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini kita diingatkan untuk kembali memperkuat peran serta masyarakat dalam berbagai upaya pengelolaan sampah yang dapat memberikan kontribusi nyata dalam pertumbuhan ekonomi.

Serah terima bantuan operasional kepada BSSM dilakukan oleh PT Pegadaian Area Purwokerto dengan melibatkan Ikatan Istri Karyawan Pegadaian (IIKP) Area Purwokerto, setelah lebih dulu mengadakan kegiatan bersih-bersih lingkungan, memilah sampah, dan melakukan penimbangan sampah untuk dikonversi ke dalam Tabungan Emas. Peringatan hari peduli sampah dilakukan secara sederhana dengan memperhatikan protokol kesehatan.

"Semua bentuk bantuan operasional yang telah diserahterimakan oleh PT Pegadaian Purwokerto pada hari ini semuanya baru dan bisa langsung digunakan untuk mendukung aktivitas BSSM dalam memberikan pelayanan kepada nasabah. Karena itu kami mengucapkan banyak terima kasih. Semoga ke depannya kami bisa lebih bermanfaat bagi warga masyarakat," demikian kata Direktur BSSM Supriyanto.

Sementara Deputy Manager Business Area Purwokerto PT Pegadaian (Persero) Dodik Sugeng Hariyadi dalam penjelasannya mengatakan bahwa dari bantuan tersebut diharapkan agar Bank Sampah Srayan Makarya bisa lebih berkembang lagi dalam melayani masyarakat, bisa mengedukasi masyarakat terkait hal pengelolaan sampah.

Seperti diketahui, BSSM sejak diresmikan pada tanggal 19 Juni 2019 giat melayani masyarakat untuk memilah dan menabung sampah rumah tangga. Selain itu, juga melakukan kegiatan edukasi mengolah sampah organik dan anorganik agar memiliki nilai ekonomis, dan dapat memberikan manfaat bagi kehidupan keluarga.

Beberapa bentuk pengelolaan sampah yang dilakukan adalah dengan memilih dan memilah sampah organik untuk didaur ulang menjadi kompos, atau sebagai bahan pembuatan dan pewarnaan kain batik ekoprin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan