Mohon tunggu...
Trian Ferianto
Trian Ferianto Mohon Tunggu... Auditor - Blogger

Menulis untuk Bahagia. Penikmat buku, kopi, dan kehidupan. Senang hidup nomaden: saat ini sudah tinggal di 7 kota, merapah di 5 negara. Biasanya lari dan bersepeda. Running my blog at pinterim.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Apa Penyebab Kemunduran Islam Pasca Abad Kejayaannya? [Infografis Resensi Buku]

16 Juli 2021   09:53 Diperbarui: 16 Juli 2021   10:10 251 14 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Penyebab Kemunduran Islam Pasca Abad Kejayaannya? [Infografis Resensi Buku]
Islam, Otoritarianisme, dan Ketertinggalan | Dok. Trian Ferianto

Berawal dari kegelisahan penulisnya, Ahmet T. Kuru, yang besar di lingkungan keluarga muslim Turki. Semenjak kecil Ia selalu diceritai abad kejayaan Islam oleh orang tua dan guru-gurunya. Lambat laun semakin dewasa, Ia melihat kenyataan peradaban muslim jauh dari apa yang pernah diceritakan.

Kegelisahan ini menimbulkan tanda tanya, ada apa gerangan? Berbekal pertanyaan semaca mudanya itulah kemudian secara tidak langsung mengantarkan studi yang kemudian menjadi judul buku ini Islam, Otoritarianisme, dan Ketertinggalan.

Buku ini diawali dengan mengambil data-data kondisi negara dengan mayoritas penduduk muslim mayoritas, baik itu yang sekuler maupun yang menjadika syariah sebagai landasan negaranya. Ahmet T. Kuru membandingkan satu indikator antar indikator lain dan menariknya ke masa sejarah dahulu untuk kemudian mendapatkan jawaban atas pertanyaannya tersebut.

Buku yang memang berangkat dari kajian akademik ini dipenuhi dengan data-data yang kuat dan jauh dari bias doktrinal. Beragam pendapat dari ahli-ahli sejarah Islam sebelumnya juga ditampilkan untuk kemudian didukung atau disanggah jika penulis menemukan kesimpulan lain.

Dok. @trianfe
Dok. @trianfe

Dok. @trianfe
Dok. @trianfe

Dok. @trianfe
Dok. @trianfe

Dok. @trianfe
Dok. @trianfe

Identitas Buku

Judul: Islam, Otoritarianisme, dan Ketertinggalan - Perbandingan Lintas Zaman dan Kawasan di Dunia Muslim
Penulis: Ahmet T. Kuru
Penerbit: Kelompok Penerbit Gramedia (KPG)
Tahun terbit: Desember 2020
Cetakan: Pertama
Jumlah halaman: xviii + 486

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN