Mohon tunggu...
Triana Lumbantoruan
Triana Lumbantoruan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa SV IPB University

Mari membaca berita

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Menanamkan Semangat Kebangsaan dalam Jiwa Pemuda Indonesia

17 Juli 2021   10:20 Diperbarui: 17 Juli 2021   18:01 74 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Menanamkan Semangat Kebangsaan dalam Jiwa Pemuda Indonesia
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sikap nasionalisme merupakan suatu sikap cinta tanah air atau bangsa dan negara sebagai wujud dari cita-cita dan tujuan yang memiliki persamaan dibidang politik, ekonomi, sosial dan budaya, sebagai wujud persatuan atau kemerdekaan nasional dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Dalam arti luas, nasionalisme adalah perasaan cinta yang tinggi atau bangga terhadap tanah air dan tidak memandang rendah bangsa lain. Menurut Dr. Herts, dalam bukunya yang berjudul Nasionality in History and Politics mengemukakan empat unsur nasionalisme, yaitu: hasrat untuk mencapai kesatuan, hasrat untuk mencapai kemerdekaan, hasrat untuk mencapai keaslian,dan hasrat untuk mencapai kehormatan bangsa. Saat ini, Indonesia berada dalam tantangan yang besar dalam hal kesadaran berbangsa dan bernegara. Perkembangan nasionalisme di Indonesia telah menjadi fokus perhatian karena melihat kondisi Indonesia yang sudah sangat banyak  tercampuri oleh negara lain, dimana sama sekali bukan budaya negara kita. Nasionalisme di era saat ini harus dapat mengisi dan menjawab tantangan masa transisi perubahan yang sedang terjadi pada saat ini.

Sekarang ini rasa nasionalisme sebagian besar dari generasi muda sudah mulai luntur. Apa saja yang menyebabkan terjadinya hal tersebut? Faktor yang menyebabkan memudarnya rasa nasionalisme generasi harapan bangsa ini, terutama disebabkan oleh contoh yang salah dan kurang mendidik yang diperlihatkan oleh generasi tua, yang cenderung jauh lebih mementingkan kepentingan pribadi dan golongan dari pada kepentingan berbangsa dan bernegara.

Minimnya pemahaman para pemuda terhadap budaya dan sejarah bangsa juga merupakan salah satu penyebab memudarnya rasa nasionalisme. Tidak lupa, arus globalisasi juga sangat mempengaruhi menurunnya semangat nasionalisme di Indonesia. Dikutip dari Bernasindonesia.com, selain faktor eksternal, terdapat faktor internal yang membuat semakin memudarnya rasa nasionalisme generasi muda sekarang adalah terkuaknya kasus korupsi, penggelapan uang negara, dan penyalahgunaan wewenang oleh pejabat tinggi negara. Hal inilah yang  membuat para pemuda Indonesia enggan untuk menunjukkan perhatian terhadap bangsa ini.

Bagaimana cara menumbuhkan semangat nasionalisme sebagai generasi muda? Berikut penjelasannya, antara lain:
1. Menggunakan produk-produk dalam negeri
Produk buatan negara Indonesia tidak tertinggal dari negara-negara lainnya. Produk-produk lokal kini sudah mampu bersaing dalam pasar internasional dan terkenal memiliki kualitas dan mutu yang baik. Dengan menggunakan  produk-produk buatan negeri, sudah memperlihatkan  rasa cinta, syukur, dan kebanggaan kita terhadap negara Indonesia.
2. Refleksi sejarah
Salah satu cara menumbuhkan jiwa nasionalisme adalah dengan melakukan nafak tilas sejarah, baik itu dengan membaca buku-buku sejarah tentang pengorbanan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan negara Indonesia, melakukan perjalanan (study tour) ketempat-tempat bersejarah dan mempelajari bagaimana peristiwa ditempat sejarah tersebut, serta melalui pemutaran film dokumenter yang memperlihatkan betapa gigihnya para pejuang bangsa.
3. Belajar pendidikan kewarganegaraan
Pendidikan kewarganegaraan mengajarkan tentang bagaimana menjadi warga negara yang baik, taat terhadap aturan yang berlaku, memfokuskan warga negara dalam melaksanakan kewajiban sebagai warga negara, dan sebagai wadah untuk menumbuhkan semangat nasionalisme.
4. Belajar dan berprestasi
Sebagai pemuda memang sudah semestinya belajar dengan tekun, agar cita-cita tercapai dan dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia.
5. Mengamalkan isi dari Pancasila
Banyak hal yang positif yang terkandung dalam Pancasila, hendaknya kita sebagai pemuda dapat menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari, demi terwujudnya harapan negara ini.
6. Memilah dampak globalisasi
Di era globalisasi, kita perlu menyaring budaya asing yang masuk ke negara kita sesuai dengan panduan nilai, norma dan keyakinan agama.  Sebagai pemuda harus mengikuti arah positif globalisasi, bukan kepada arah negatif globalisasi.

Di atas adalah beberapa cara yang dapat diterapkan dalam menumbuhkan semangat nasionalisme. Nasionalisme sangat penting ditanamkan dalam diri setiap individu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan adanya rasa nasionalisme akan menumbuhkan rasa kecintaan generasi muda terhadap tanah air, sehingga setiap individu dapat menyaring budaya asing yang masuk kedalam negeri dalam era globalisasi dan  menjadi suatu fondasi untuk menjadikan Indonesia tetap kokoh dan menjaga keutuhan negara diantara banyaknya perubahan di negara ini. Suatu bangsa akan maju apabila pemudanya memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Apabila paham nasionalisme telah tertanam pada setiap individu warga Indonesia maka negara Indonesia akan menjadi negara yang damai. Dengan itu, setiap orang dapat memberikan sesuatu yang terbaik bagi bangsa dan negaranya.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN