Mohon tunggu...
Triamanda
Triamanda Mohon Tunggu... Mahasiswa - UNAIR

Suka belajar sesuatu yang baru

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

2 Tahun Vakum, Kota Surabaya Kembali Merayakan Hari Jadi yang ke-729 dengan Meriah

5 Juni 2022   22:00 Diperbarui: 6 Juni 2022   20:45 116 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Surabaya. Sumber ilustrasi: KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Pada tanggal 31 Mei 2022 merupakan perayaan hari ulang tahun Kota Surabaya yang ke-729. Wali Kota Surabaya mengadakan berbagai acara olahraga, pameran budaya dan juga festival untuk menyambut hari jadi Kota Surabaya yang telah diselenggarakan mulai dari tanggal 1 Mei hingga 5 Juni 2022. Sudah 2 tahun lamanya semenjak adanya pandemi Covid-19 yang membuat aktivitas tersebut menjadi berhenti untuk sementara waktu.

Ini merupakan kali pertamanya Wali Kota Surabaya periode 2021-2024, Eri Cahyadi merayakan dan menggelar sebuah acara secara besar-besaran di hari jadi Kota Surabaya yang ke-729. Acara di mulai dengan menggelar event diskon di tanggal 1-31 Mei 2022 diikuti oleh 39 mall yang ada di Surabaya. Event ini biasanya disebut Surabaya Shopping Festival.

Selanjutnya, ada event kejuaraan olahraga yaitu Futsal Piala Wali Kota Surabaya Antar Club U-19 yang diadakan mulai dari tanggal 11-15 Mei 2022 yang digelar di Indoor Gelora Bung Tomo. Di tanggal 15 Mei 2022 juga diselenggarakan Piala Wali Kota Suroboyo Race 2022. Kejuaraan balap sepeda ini dilaksanakan di Sirkuit Gelora Bung Tomo yang diikuti oleh 500 peserta. Selain futsal dan bersepeda, masih banyak lagi event olahraga yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Surabaya sebagai bentuk untuk memeriahkan hari jadi Kota Surabaya.

Di hari jadi Kota Surabaya ini juga memiliki sebuah acara terbesar yang saat ini sedang dinanti-nantikan oleh warga Kota Surabaya. Sebelum pandemi, Pemerintah Kota Surabaya rutin mengadakan acara tersebut sebagai bentuk kemeriahan dalam merayakan hari jadi Kota Surabaya. Ada 2 acara yang sangat terkenal, yaitu Festival Rujak Uleg dan Festival Surabaya Vaganza. Tiap tahunnya, Pemerintah Kota Surabaya selalu mengadakan festival tersebut.

Festival Rujak Uleg sendiri merupakan sebuah acara dimana seluruh warga menyajikan rujak uleg sebagai bentuk untuk melestarikan rujak cingur yang menjadi makanan khas di Kota Surabaya. Biasanya event ini dilaksanakan di sepanjang jalan Kembang Jepun.

Warga Surabaya pasti tidak asing dengan kata pawai bunga. Festival Surabaya Vaganza ini merupakan event yang sangat meriah dengan menghadirkan berbagai pawai di dalamnya seperti mobil hias, pakaian hias, kebudayaan di berbagai daerah hingga pertunjukkan budaya.

Setelah 2 tahun lamanya akhirnya Pemerintah Kota Surabaya mampu membuka dan mengadakan lagi event-event yang biasanya dilaksanakan bertepatan dengan hari jadi Kota Surabaya.

Selain itu, Wali Kota Surabaya juga meresmikan sebuah tempat wisata baru sebagai hadiah ulang tahun Kota Surabaya. Wisata tersebut mulai dibuka dan diresmikan pada tanggal 1 Juni 2022. Warga Surabaya dapat menikmati Sungai Kalimas nan indah dan romantis di malam hari. Wisata Air Kalimas memiliki 2 rute. Untuk rute pertama dimulai dari Monumen Kapal Selam, Museum Pendidikan, Siola hingga kembali lagi ke Monumen Kapal Selam untuk biayanya sendiri satu tiket dikenakan sekitar Rp 10.000. Selanjutnya untuk rute kedua ini lebih singkat dimulai dari Taman Prestasi, Museum pendidikan, hingga kembali ke Taman Prestasi. Rute ke-2 ini dikenakan biaya sekitar Rp 4000.

Dengan harga yang sangat murah anda bisa menikmati bantaran Sungai Kalimas yang indah dipenuhi oleh hiasan-hiasan yang cantik dan pastinya bisa menemani anda di malam yang romantis. Tiket dapat di pesan secara online di tiketwisata.surabaya.go.id.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan